Sempat Nihil Sehari, Kasus Positif Covid-19 di Sumbar Bertambah

Sumber :

VIVA – Juru Bicara Gugus Tugas Penanganan Covid-19 Sumatera Barat, Jasman Rizal, menyebutkan, meski sempat nihil kasus Covid-19 pada Senin, 11 Mei 2020, Sumbar kembali mencatat kasus baru virus Corona.

Berdasarkan laporan dari Pusat Diagnostik dan Riset Penyakit Infeksi Fakultas Kedokteran Universitas Andalas, Selasa 12 Mei 2020, kembali terjadi kenaikan angka kasus positif pandemi Corona.

Data awal menyebut sebanyak 14 warga Sumatera Barat, menurut Jasman, hari ini dinyatakan positif terinfeksi Covid-19. Adanya tambahan 14 kasus, membuat total angka yang sudah terkonfirmasi positif Covid-19, sebanyak 313 kasus. 

Jumlah ini mendekati angka estimasi dari para ahli dan pakar Epidemiologi Sumbar yang menyebutkan, fase puncak penyebaran Covid-19 di Ranah Minang akan terjadi pada akhir Mei ini dengan perkiraan angka kasus positif mencapai 350 orang.

"Total sampai hari ini warga Sumbar yang telah terinfeksi Covid-19 adalah  313 orang. Bertambah 14 kasus," kata Jasman Rizal, Selasa 12 Mei 2020.

Menurut Jasman, dari 14 kasus terkonfirmasi tersebut, sembilan kasus dari kota Padang, dua kasus dari Bukittinggi, satu kasus masing-masing dari Solok Selatan, Dharmasraya, dan Kabupaten Tanah Datar.

"Kota Padang terbanyak yakni, sembilan kasus. Rinciannya, nanti akan kita update kambali," ujar Jasman.

Namun, angka konfirmasi positif Covid-19 yang dikutip dari situs corona.sumbarprov.go.id, jumlahnya sudah diperbarui dan menjadi 319 kasus, dengan 70 pasien dinyatakan sembuh.

Sebelumnya, Gugus Tugas Penanganan Covid-19 Sumatera Barat, menyampaikan kabar gembira. Berdasarkan laporan dari Pusat Diagnostik dan Riset Penyakit Infeksi Fakultas Kedokteran Universitas Andalas bahwa Senin kemarin, terdapat sebanyak 11 pasien dinyatakan sembuh dari Covid-19. 

Dengan demikian, total warga Sumbar yang sudah sembuh dari pandemi Covid-19 itu sebanyak 67 orang. Sementara itu, untuk kasus positif terinfeksi, tidak ada penambahan kasus baru warga Sumbar yang dinyatakan positif terinfeksi Covid-19 kemarin. 

Total angka kasus positif masih tetap sebanyak 299 kasus per Senin 11 Mei 2020.