Rumah Sakit Jiwa di Padang Rawat Belasan Pasien ODP Corona

Sumber :

VIVA – Rumah Sakit Jiwa Prof. HB. Saanin Padang, Sumatera Barat merawat 11 pasien gangguan kejiwaan yang saat ini berstatus Orang Dalam Pemantauan (ODP) Coronavirus Disease 2019 atau Covid-19. Mereka berasal dari Kota Padang dan Kabupaten Tanah Datar. 

Ke-11 pasien tersebut, segera akan menjalani swab test untuk memastikan apakah statusnya positif atau negatif Covid-19. Sembari menunggu hasil uji spesimen, mereka dirawat di ruang khusus yang sudah disiapkan manajemen rumah sakit. 

“Yang ODP ada 11 orang. Saat pasien diserahkan ke kita, daerah asal tidak memberikan data lengkap mengenai pasien," kata Direktur Utama Rumah Sakit Jiwa Prof. HB. Saanin Padang Ernoviana, Selasa, 12 Mei 2020.

Menurut Ernoviana, untuk screening awal dilakukan di IGD. Jika, dicurigai sebagai ODP maka akan dimasukkan dan dirawat di Rumah Sakit Jiwa Prof. HB. Saanin. Meski demikian, untuk mengetahui lebih lanjut positif atau negatif maka akan dilakukan swab test.

Terkait tracing, Ernoviana menyebutkan, pihaknya masih belum bisa melakukan itu karena terkendala dengan komunikasi. Dalam arti, mereka kemana dan dari mana baru bisa diketahui setelah mereka sembuh. 

“Yang jelas, untuk menangani pasien suspect Covid-19, kita sudah siapkan beberapa perlengkapan seperti Alat Pelindung Diri (APD) serta melatih tenaga medis sesuai dengan standar protokol penanganan pasien COVID-19,” ujar Ernoviana.