Jokowi Sampaikan Terima Kasih ke MUI, NU dan Muhammadiyah

Presiden Jokowi menyapa warga saat meninjau proses distribusi sembako tahap III
Sumber :
  • ANTARA FOTO/Sigid Kurniawan

VIVA – Presiden Joko Widodo secara khusus menyampaikan ucapan terima kasih, terutama kepada Majelis Ulama Indonesia (MU), PBNU, Muhammadiyah dan ormas Islam lainnya.

Ucapan itu terkait keikutsertaan mereka dalam membantu pemerintah, untuk menghadapi pandemi Covid-19. Peran ormas-ormas itu, terutama dalam membina masyarakat agar terhindar dari virus ini, cukup signifikan.

"Yang pertama pemerintah mengucapkan, menyampaikan ucapan terima kasih yang sebesar-besarnya, yang pertama kepada MUI, kedua PBNU, yang ketiga kepada PP Muhammadiyah, dan semua ormas Islam lain yang telah mendukung dan membantu pemerintah dalam upaya pencegahan dan pengendalian Covid-19," ujar Presiden Joko Widodo, dalam rapat kabinet terkait persiapan Idul Fitri 1441 H, Selasa 19 Mei 2020.

Para ormas tersebut, turut memberi pemahaman kepada masyarakat agar terhindar dari virus ini. Terlebih lagi, kata Jokowi, beberapa kebijakan pemerintah dalam pengendalian pandemi ini juga diperkuat dengan peran serta ormas dan MUI.

"Saya sangat menghormati dan mengapresiasi adanya fatwa dan juga imbauan yang disampaikan kepada seluruh umat Islam di Indonesia terkait dengan peribadatan maupun amaliah selama wabah covid ini termasuk mendukung keputusan pemerintah untuk melarang mudik," ujarnya.

Ormas-ormas ini juga, menurut Jokowi, telah ikut serta menumbuhkan solidaritas dan kepedulian sosial di masyarakat. Seperti pemanfaatan zakat, infaq dan sodaqoh, yang disalurkan untuk sesama warga yang terdampak secara ekonomi akibat pandemi ini.

"Dan kita harapkan aksi solidaritas ini bisa terus berlanjut, bisa meluas lebih besar lagi sehingga menjadi sebuah gerakan besar dalam rangka meringankan beban saudara-saudara kita yang membutuhkan," katanya.