Cerita Budiono dan Ferdy Berhasil Mudik dari Bakauheni ke Merak

Pemudik di Terminal Terpadu Merak
Sumber :
  • VIVAnews/Yandi Deslatama (Serang)

VIVA – Ratusan pemudik asal Pulau Sumatera lagi-lagi berhasil menyeberang dari Pelabuhan Bakauheni dan bersandar di Pelabuhan Merak, Kota Cilegon, Banten. Ratusan pemudik itu dilengkapi dengan surat kesehatan bebas Covid-19

"Alhamdulillah, kami lengkap, medical check negatif covid-19. Saya pulang mau ke Sukabumi. Perjalanan Alhamdulillah aman," kata salah satu pemudik, Ferdy (54), ditemui di Terminal Terpadu Merak (TTM), Kota Cilegon, Banten, Rabu 20 Mei 2020.

Baca juga: Kecewa BLT Salah Sasaran, Warga Bakar Posko Covid-19

Ferdy memilih mudik karena sudah habis kontrak pekerjaannya. Sedangkan jika terus berada di perantauan, dia sudah tidak memiliki penghasilan untuk memenuhi kebutuhan sehari-harinya.

"Pulang (kampung) habis proyeknya, kerjaannya. Kekhawatiran tetep ada, dari media juga gencar sekali, tapi kita juga disana enggak ngapa-ngapain, tidak ada aktivitas kerja, di sana harus makan, hasil tidak ada. Jadi kami harus pulang ke keluarga," terangnya.

Begitupun yang dilakukan oleh Budiono, pegawai di sebuah perkebunan tebu di daerah Medan, Sumatera Utara (Sumut) harus pulang ke kampung halamannya di Jember, Jawa Timur (Jatim). Budiono pulang ke daerah asalnya, karena di perantauan sudah tidak ada pekerjaan.

Saat sampai ke TTM yang hanya berjarak sekitar 500 meter dari Pelabuhan Merak, dia bingung untuk bisa sampai ke daerah Jember. Lantaran, tidak ada bus yang beroperasi.

"Dari Medan mau pulang ke Jember. Ini baru datang kesini (TTM). Kontrak kerjanya sudah habis. Jadi ini makanya pulang. Tapi ini enggak tahu pulangnya kesana (Jember) naek apa," kata Budiono, ditempat yang sama.

Sedangkan pihak Balai Pengelola Transportasi Darat (BPTD) Wilayah VIII Banten, yang berkantor di Lantai II TTM mengaku tidak mengetahui mengapa ratusan pemudik itu bisa lolos sampai ke Pelabuhan Merak.

"Kurang tahu (bisa lolos), tanya Kapolres Lampung Selatan, terima kasih," ujar Kepala BPTD Wilayah VIII Lampung, Nurhadi, melalui pesan singkatnya, Rabu 20 Mei 2020.

Sesampainya di TTM, para pemudik kemudian dikumpulkan di Lantai II TTM yang berhadap-hadapan dengan kantor BPTD Banten. Ratusan pemudik itu kemudian didata oleh petugas Kemenhub tersebut.