Halo
Pembaca

VIVANetworks

News

Bola

Sport

Showbiz

LifeStyle

Otomotif

Digital

Ragam

Militer

Netizen

Lintas

Informasi

Ketua KPK Dampingi Penyaluran Bansos, Mensos: Kami Siap Diawasi

Rabu, 20 Mei 2020 | 08:54 WIB
Foto :
Menteri Sosial Juliari P. Batubara saat menyerahkan bansos di Kebayoran Baru, Jakarta Selatan, Selasa (19/5/2020).

VIVA – Siang tadi, Menteri Sosial Juliari P. Batubara mengecek langsung proses distribusi bansos sembako Bantuan Presiden di dua titik di wilayah Jakarta Selatan, yaitu di RT 01 RW 02  Cipete Utara, Kecamatan Kebayoran Baru dan di RT 14 RW 001, Kelurahan Pondok Labu, Kecamatan Cilandak.

Pada penyaluran di lokasi pertama, Menteri Sosial tidak datang sendirian. Ia didampingi oleh Ketua Komisi Pemberantasan Korupsi (KPK) Komjen Pol Firli Bahuri.

Baca Juga

Mensos juga didampingi Sekjen Kemensos Hartono Laras, Dirjen Perlindungan dan Jaminan Sosial Pepen Nazaruddin, baik di lokasi pertama maupun kedua.

KPK hadir untuk mengawasi proses penyaluran bantuan sosial sembako agar lebih tepat sasaran, sekaligus mengacu pada pedoman dan memastikan tidak ada tindak penyelewengan di lapangan.

Sebagai bagian dari ikhtiar pengawasan, Kementerian Sosial mengajak Ketua KPK untuk bersama meninjau proses penyaluran bansos di DKI Jakarta, sekaligus melakukan dialog secara langsung dengan para penerima bansos. 

“Saya mengajak KPK meninjau proses penyaluran bansos. Ini sejalan dengan instruksi Presiden agar kami yang ditugasi menyalurkan bansos ada pendampingaan dari institusi seperti KPK, BPKP, LKPP saat pengadaan,” kata Mensos di Kebayoran Baru, Jakarta Selatan, Selasa (19/5/2020).

Sejalan dengan keterangan Mensos, Ketua KPK menyatakan, kedatangannya melaksanakan fungsi pengawasan. 

“Kami sengaja datang pada penyaluran bansos untuk memberikan kepastikan bahwa setiap warga negara memiliki hak menerima bantuan dengan berpegang pada prinsip bantuan harus tepat sasaran,” kata Ketua KPK. 

Berdasarkan pada surat pedoman pelaksanaan program bantuan sosial data penerimaan bantuan sosial adalah Data Terpadu Kesejahteraan Sosial (DTKS).

Read more...
Topik Terkait
Saksikan Juga
Terpopuler