Pasien Positif Corona Nekat Mudik ke Tasikmalaya

Sumber :

VIVA – Petugas Gabungan Pos Ketupat Lodaya Tapal Kuda, Salawu, Kabupaten Tasikmalaya Jawa Barat berhasil mengamankan seorang pasien positif corona  (COVID-19) yang nekat mudik, Kamis 21 Mei 2020 pagi. Pasien tersebut langsung dievakuasi ke ruang Isolasi RSUD SMC Singaparna, oleh petugas medis berpakaian Alat Pelindung Diri (APD) lengkap dibantu petugas TNI Polri.

Kapolres Tasikmalaya, AKBP Hendria Lesmana mengatakan, pihaknya mendapat informasi dari keluarga pasien yang berasal dari Kecamatan Sariwangi, Kabupaten Tasikmalaya. Pasien positif COVID-19 bekerja di Percetakan Kawasan Kelapa Gading, Jakarta.

"Jadi kami mendapat informasi dari pihak keluarga soal ciri-ciri pasien positif COVID-19, mudik dengan menggunakan sepeda motor,” ujarnya, Kamis 21 Mei 2020.

Pasien positif COVID-19 tersebut sebelumnya, Minggu 17 Mei 2020 menjalani test swab di Jakarta, karena memiliki keluhan yang mirip pasien corona. Sebelum keluar hasil test swab, pasien memaksa pulang untuk mudik ke Tasikmalaya, Rabu 20 Mei 2020.

"Saat pasien diperjalanan ternyata hasil PCR atau swab keluar dan dinyatakan positif Covid 19, sehingga kami langsung bergerak cepat menjemput dijalanan untuk di isolasi," ungkap Hendria.

Lanjut Hendria, sebenarnya pihak Dinas Kesehatan DKI Jakarta sempat meminta pasien masuk Rumah sakit Darurat Wisma Atlet untuk penanganan Covid 19, akan tetapi pasien menolak karena sudah terlanjur melakukan perjalanan Mudik.

"Sehingga Pihak Dinas Kesehatan DKI Jakarta melakukan Kordinasi dengan Dinas Kesehatan Kabupaten Tasikmalaya untuk mengevakuasi pasien agar tidak pulang ke rumah,” katanya

Pihak Gugus Tugas COVID-19 Kabupaten Tasikmalaya memastikan bahwa pasien positif COVID-19 yang nekat mudik, saat ini sudah berada di ruangan isolasi COVID-19 RSUD SMC Singaparna.

"Yang bersangkutan sudah masuk di Ruang Isolasi RSUD SMC sejak pagi tadi, Kondisinya saat Ini stabil, masyarakat dan keluarga tidak perlu khawatir, pasien dalam penanganan medis,” kata Kasie Kemedikan RSUD SMC Singaparna, Kabupaten Tasikmalaya, dr. Adi Widodo.