Ribuan Mobil Tinggalkan Jakarta Menuju Jawa Barat Jelang Idul Fitri

Sumber :

VIVA – Ribuan kendaraan dari Jakarta menuju Jawa Barat melalui akses tol terpantau ramai pada masa Pembatasan Sosial Berskala Besar (PSBB) untuk pengendalian wabah virus corona sekaligus menjelang lebaran Idul Fitri 1441 hijriah.

Corporate Communication & Community Development Group Head PT Jasa Marga Dwimawan Heru menjelaskan, arus kendaraan yang meninggalkan Jakarta dari arah timur merupakan kontribusi dari dua gerbang tol (GT) pengganti gerbang tol Cikarang Utama, yaitu gerbang tol Cikampek Utama untuk pengguna jalan menuju Jalan Tol Trans-Jawa dan GT Kalihurip Utama untuk pengguna jalan menuju Jalan Tol Cipularang-Padaleunyi.

Dikutip dari keterangan persnya, Jumat, 22 Mei 2020, GT Cikampek Utama 1, dengan jumlah 78.013 kendaraan, turun sebesar 81 persen dari Lebaran tahun 2019. GT Kalihurip Utama 1, dengan jumlah 64.898 kendaraan, turun sebesar 58 persen dari Lebaran tahun 2019.

Dengan demikian, total kendaraan yang melintas menuju arah Timur adalah sebanyak 142.911 kendaraan atau turun sebesar 75 persen dari arus mudik lebaran Idul Fitri pada 2019.

Jumlah kendaraan yang meninggalkan Jakarta dari arah Selatan melalui GT Ciawi, Jalan Tol Jagorawi adalah sebesar 96.741 kendaraan, turun sebesar 30 persen dibandingkan arus mudik pada 2019.

"Jasa Marga mengimbau pengguna jalan tol untuk berpartisipasi aktif dalam mencegah penularan Covid-19 dengan tidak mudik dan tidak piknik di lebaran 2020. Selain itu batasi perjalanan dan jaga jarak, keluar rumah hanya untuk keadaan yang mendesak serta wajib mengenakan masker jika harus beraktivitas di luar rumah," ujarnya.