Hari Ini ‎Jemaah Naqsabandiyah di Simalungun Rayakan Idul Fitri 2020

Sumber :

VIVA – Jemaah Tarekat Naqsabandiyah AlKholidiyah Jalaliyah di Sumatera Utara melaksanakan salat Idul Fitri 1441 Hijriah, Jumat pagi 22 Mei 2020. Jemaah ini menetapkan 1 Syawal lebih awal dari penetapan Pemerintah Indonesia.

Salah seorang jemaah, Khairil Anwar (41) mengungkapkan salat Id digelar di pusat tarekat ini di Bandar Tinggi, Kabupaten Simalungun. "Ya tadi kita sudah melaksanakan salat Idul Fitri," ujar Khairil. 

Tarekat Naqsabandiyah Al KholidiyahJalaliyah menetapkan 1 Syawal 1441 H jatuh pada hari ini, sesuai hitungan kalender hisab qamariyah. Tarekat ini juga menetapkan awal puasa 1 Ramadan 1441 H jatuh pada Rabu 22 April 2020, dua hari lebih awal dari ketetapan pemerintah. 

Salat Idul Fitri digelar jemaah Tarekat Naqsabandiyah Al Kholidiyah Jalaliyah tahun ini di majelis-majelis dan setidaknya di dua pesantren tarekat ini. Selain di Pondok Pesantren Yayasan Dr Syekh Salman Daim di Bandar Tinggi, Kabupaten Simalungun, salat Id juga dilaksanakan jemaah di pesantren di Kandis, Riau.

"Saya kurang tahu pasti untuk yang di (Cigombong) Bogor, tapi kalau di Kandis juga sudah melaksanakan salat Id. Kalau di Mariendal (Medan) kemarin kita sudah tanya ke polsek setempat, tapi belum mendapat izin," ujar Khairil.

Pandemi Covid-19 menjadi perhatian dalam salat Id kali ini. Jemaah bersama-sama berdoa agar wabah ini segera dapat diatasi. Salat Id diikuti ratusan jemaah dari berbagai penjuru Sumatera Utara. Salat Id dilanjutkan dengan ziarah ke makam Tuan Guru Syekh Salman Daim. 

“Selanjutnya kita bersilaturahmi dengan keluarga Tuan Guru dan jemaah lainnya,” ujar Khairil, warga asal Marendal, Kabupaten Deli Serdang itu.