Pengikut Thariqat Syattariah di Aceh Lebaran Sabtu 23 Mei

Ilustrasi umat Islam melaksanakan salat Idul Fitri. (Ilustrasi)
Sumber :
  • ANTARA FOTO/Wira Suryantala

VIVA – Pengikut Thariqat Syattariah Habib Muda Seunagan di Kabupaten Nagan Raya, Aceh, pada Sabtu hari ini, 23 Mei 2020 merayakan lebaran dan salat Idul Fitri 1441 Hijriah. 

Penetapan Hari Raya Idul Fitri ini dilakukan berdasarkan perhitungan yang dilakukan oleh sejumlah pengikut Habib Muda Seunagan. Mereka juga sudah mengumandangkan takbir pertama pada Jumat malam, 22 Mei 2020 di masjid yang berada di Desa Lhok Seumot, Kecamatan Beutong, Nagan Raya.

Cucu Habib Muda Seunagan, Said Kamaruddin mengatakan, salat Idul Fitri akan dilaksanakan di Masjid Peuleukung dan di sejumlah masjid lainnya yang ada pengikut Thariqat Syattariah Habib Muda Seunagan.

"Pengikut Thariqat Syattariah Habib Muda Seunagan sudah takbiran, artinya hari ini (Sabtu, 23 Mei) pengikut akan lebaran," ujar Said Kamaruddin saat dikonfirmasi, Sabtu, 23 Mei 2020. 

Pengikut Thariqat ini bukan hanya ada di Kabupaten Nagan Raya saja. Namun, di sejumlah daerah seperti di Kabupaten Aceh Barat Daya, Gayo Lues, Aceh Selatan dan Aceh Barat juga ada yang ikut merayakan lebaran hari ini.

"Hampir tersebar di seluruh Aceh Thariqat Syattariah. Mereka salat Ied di daerah masing-masing," katanya.

Said berharap kepada seluruh pengikut Thariqat Syattariah Habib Seunagan yang merayakan hari raya, untuk menghargai warga yang belum merayakannya.

Pun, pengikut Thariqat Syattariah Habib Muda Seunagan awalnya melaksanakan Ramadhan pertama pada 23 April 2020. Artinya, Jumat, 22 Mei 2020 merupakan puasa ke 30 mereka.