Idul Fitri di Tengah Corona, dari Ketupat hingga Berbagi Paket Makanan

Sumber :

VIVA – Umat Muslim sedunia menandai akhir Ramadan di tengah pandemi virus corona (Covid-19). Perayaan Idul Fitri yang pada tahun-tahun sebelumnya berlangsung akbar, kini diadakan dengan prihatin dan menjaga jarak sembari menikmati berbagai penganan khas.

Di Indonesia, sajian khas Idul Fitri adalah ketupat dan opor ayam. Ada pula rendang dan sambal goreng ati.

Getty Images
Seorang pedagang bumbu dan rempah di Jakarta sibuk melayani para pembeli yang hendak memasak untuk persiapan Idul Fitri, pada Jumat (22/05).

Penganan khas Idul Fitri juga terdapat di kawasan Timur Tengah dan Asia Selatan.

Sheer Khurma, atau`Sewaiyan` adalah santapan manis dari bihun yang biasa disajikan khalayak Asia Selatan. Adapun masyarakat Timur Tengah terdapat kue mentega yang dijejali dengan pasta kurma atau serpihan kacang pistachio atau walnut kemudian ditaburi gula.

Kue mentega ini sangat laris saat buka puasa maupun perayaan Idul Fitri di Timur Tengah. Namanya pun beragam di masing-masing negara. Di Suriah kue ini dikenal dengan sebutan Mamoul, kemudian Klaicha di Irak, dan Kahk di Mesir.

Reuters
Seorang perempuan Palestina membuat kue-kue yang manis sebagai camilan khas Lebaran di Kota Tua Jerusalem, Kamis (21/05).
EPA
Seorang pekerja Palestina membawa dua nampan berisi kue khas Idul Fitri di Kota Nablus, Tepi Barat, pada Jumat (22/05).

Di samping menikmati beragam sajian khas Idul Fitri, sejumlah umat Muslim mempersiapkan paket makanan kepada orang-orang yang membutuhkan.

EPA
Para relawan di Pusat Budaya Islam Catalan di Barcelona mempersiapkan paket makanan untuk dibagikan saat Idul Fitri.

Semua foto dilindungi hak cipta.