Kades Bulaguding Sulteng Dikeroyok Jemaah Masjid Usai Salat Id

Ilustrasi pemukulan
Sumber :
  • www.pixabay.com/bykst

VIVA – Viral video Kepala Desa Bulaguding, Kecamatan Gadung, Kabupaten Buol, Sulawesi Tengah dikeroyok jemaah masjid usai melaksanakan salat Idul Fitri 1441 H pada Minggu 24 Mei 2020. Terkait hal ini, kepolisian membenarkan adanya kejadian tersebut.

"Iya benar. Kejadiannya tadi pagi sekitar jam 8 atau setengah 9," ucap Kapolsek Bunobogu Ajun Komisaris Polisi M. Hasby saat dikonfirmasi wartawan, Minggu 24 Mei 2020.

Peristiwa tersebut bermula ketika kepala desa setempat bernama Hamsah bersama sejumlah anggota linmas dan relawan covid-19 mendatangi masjid. Mereka menemui imam masjid dengan maksud berdiskusi. Tapi, saat melakukan diskusi ada warga yang diduga memprovokasi dan melakukan penyerangan. Alhasil, kericuhan tak terelakan.

"Waktu mereka (kepala desa dan anggota) datang sementara berlangsung itu salat, jadi tidak diberhentikan itu salatnya. Salat bubar, pak kepala desa tanya kepada imam masjid pada saat nanya itu disitu, ada provokator yang masuk sehingga terjadi tadi chaos," katanya.

Akibat kericuhan tersebut, lanjutnya, Hamsah bersama dengan anggota linmas dan relawan covid-19 menjadi korban. Hasby mengatakan kondisi lokasi kini sudah kondusif. Sejumlah jemaah diamankan ke Polsek guna dimintai keterangan lebih lanjut

"Memar empat orang termasuk linmas, dan relawan gugus covid-19 totalnya empat," katanya.