Presiden Jokowi akan Salat Jumat di Masjid Baiturrahim di Istana

Presiden Joko Widodo (kanan) didampingi Mensesneg Pratikno meninjau kesiapan penerapan prosedur normal baru di Masjid Baiturrahim, Kompleks Istana Kepresidenan, Jakarta, Kamis (4/6/2020).
Sumber :
  • ANTARA FOTO/Sigid Kurniawan

VIVA – Presiden Joko Widodo akan melaksanakan salat Jumat di Masji Baiturrahim, di lingkungan Istana Kepresidenan, Jakarta, Jumat, 5 Juni 2020.

Hal itu diungkapkan Deputi Protokol Pers dan Media Sekretariat Presiden, Bey Machmudin. "(Presiden Jokowi salat Jumat) di masjid Baiturrahim yang ada di lingkungan Istana Kepresidenan Jakarta," ujarnya saat dihubungi wartawan.

Dalam pelaksanaan salat Jumat itu, protokol kesehatan diterapkan dengan ketat, termasuk pengaturan jarak antar jemaah. "Di dalam masjid, yang biasa bisa menampung 750, sekarang hanya 150 karena ada pengaturan jarak," ujar Bey.

Sebelumnya, Presiden Joko Widodo mengecek kesiapan new normal di Masjid Baiturrahim, di kompleks Istana Negara, Jakarta Pusat, Kamis pagi, 4 Juni 2020.

"Pagi hari ini saya melakukan pengecekan di Masjid Baiturrahim di Istana ini dalam rangka persiapan menuju sebuah tatanan normal baru, adaptasi kebiasaan normal baru, untuk nantinya segera Masjid Baiturrahim segera bisa kita pakai untuk salat berjamaah atau salat sendiri," kata Jokowi.

Diketahui, Gubernur DKI Jakarta Anies Baswedan telah memutuskan untuk memperpanjang penerapan Pembatasan Sosial Berskala Besar (PSBB) di DKI Jakarta. Pada Juni ini memasuki masa transisi.

Selama PSBB masa transisi ini, kegiatan sosial dan ekonomi mulai dibuka kembali namun dengan kapasitas 50 persen. Di antaranya kegiatan rutin di masjid kembali dibuka, dengan kapasitas setengah dari kapasitas masjid dan tetap menerapkan protokol kesehatan.