VIDEO: Penjelasan Ustaz Abdul Shomad soal Hukum Salat Berjarak

Ustaz Abdul Somad (UAS) Kunjungi MUI
Sumber :
  • VIVA/Muhamad Solihin

VIVA – Pemerintah memperingatkan masyarakat untuk disiplin mempraktikkan protokol kesehatan demi pencegahan penularan virus corona, termasuk ketika salat berjemaah, di rumah maupun di masjid. Karena itulah pemerintah juga mulai melonggarkan pembatasan beribadah di rumah-rumah ibadah termasuk masjid dan musala dan dengan tetap menerapkan protokol kesehatan.

Salah satu upaya mencegah penyebaran corona, pemerintah mengimbau agar masyarakat menjaga jarak aman minimal satu meter antarjemaah. Hal itu pun berlaku untuk salat Jumat dan salat-salat lain yang dilakukan secara berjemaah.

Dai kondang Ustaz Abdul Somad menguraikan beberapa pendapat tentang hukum salat berjemaah yang berjarak, tak seperti biasanya dengan ketentuan sah-sah harus rapat. Ada beberapa pendapat ulama tentang ketentuan itu, tetapi semuanya menyangkut kesempurnaan salat, bukan berkaitan dengan sah atau tidak salat.

Pendapat lain mengatakan bahwa ketentuan saf-saf salat harus lurus dan rapat bukan rukun salat, yang berarti tidak merupakan syarat dan tidak pula wajib. Namun, dalam situasi normal, kala tidak ada wabah penyakit yang membahayakan, memang dianjurkan untuk meluruskan saf dan merapatkan bahu dengan bahu dan kaki dengan kaki.