Update Corona di Papua: 1.065 Positif Corona, 120 Orang Asli Papua

Sumber :

VIVA – Jumlah pasien positif virus corona atau Covid-19 di Provinsi Papua hari ini, Minggu, 7 Juni 2020 bertambah sebanyak 27 kasus, sehingga total 1.065 orang positif Covid-19.

Jubir Satgas Covid-19 Papua, dr. Silwanus Sumule menjelaskan, dari total 1.065 orang positif Covid-19 di Papua ini, 120 orang diantaranya adalah Orang Asli Papua (OAP).

“Hari ini ada penambahan 27 orang kasus baru positif Covid-19 di Papua. Jadi jumlah pasien positif corona kita sebanyak 1.065 orang. Dari jumlah ini 11 persen nya adalah orang asli Papua (OAP), “ kata dr.Silwanus kepada awak media di Jayapura, Minggu malam, 7 Juni 2020.

Ia menjelaskan, penyebaran kasus pasien positif Covid-19 di Papua untuk OAP terbanyak di Kota Jayapura dan Kabupaten Mimika. “Pasien ini semua berasal dari Kota Jayapura sebanyak 52 orang serta Kabupaten Mimika sebanyak 40 orang,” kata dia.

Sebelumnya Wakil Gubernur Papua, Klemen Tinal mengutarakan jika penyebaran virus Corona ini tidak mengenal suku, agama atau pekerjaan seseorang.

“Memang banyak yang bilang kalau orang asli Papua itu kebal sama virus corona, itu salah ya, karena terbukti hingga kini sudah ada orang Papua yang positif Covid-19. Jadi virus ini tidak pandang bulu, tidak lihat suku agama dan pekerjaan, semua bisa terjangkit,“ katanya, Sabtu, 6 Juni 2020.

Menurut Klemen Tinal agar masyarakat tidak tertular virus corona, maka mereka harus disiplin mengikuti protokol kesehatan yang sudah di keluarkan pemerintah.

“Masyarakat harus disiplin pada protokoler kesehatan dan anjuran pemerintah, tapi kalau mau tertular silahkan saja tidak ikuti aturan kesehatan, nah kaua kita sayang diri dan keluarga ikut protokol kesehatan,” kata Klemen Tinal.

Seperti diketahui penambahan 27 orang positif Covid-19 ini berasal dari Kabupaten Jayapura sebanyak 12 orang, Kota Jayapura sebanyak 9 orang, Jayawijaya 4 orang dan Kabupaten Keerom sebanyak 2 orang.

Sementara orang dalam pemantauan (ODP) sebanyak 3.035, dan pasien dalam pengawasan (PDP) sebanyak 784 orang. Sedangkan pasien sembuh sebanyak 290 orang dimana hari ini ada penambahan sebanyak 4 pasien sembuh dari Kabupaten Jayapura.