Pesawat Pengangkut BBM Tergelincir di Bandara Karubaga Papua

Pesawat pengangkut BBM tergelincir di Bandara Karubaga Papua
Sumber :

VIVA – Pesawat pengangkut bahan bakar minyak (BBM) milik maskapai Pelita Air tergelincir di Bandara Karubaga, Kabupaten Tolikara, Papua, Selasa, 9 Juni 2020.

Pesawat Pelita Air Nomor registrasi PK - PAG pengangkut BBM yang diawaki oleh pilot Warga Negara Asing (WNA) New Zealand, Anderson Mattthew James tergelincir sekitar pukul 09.15 WIT.

Berdasarkan informasi yang diterima, pada pukul 08.00 WIT, pesawat Pelita Air itu berangkat dari Bandara Timika dengan tujuan Bandara Karubaga.

Baca juga: Pesawat Trigana Air Tergelincir, Bandara Sentani Papua Ditutup

Pukul 09.15 WIT, setibanya di Bandara Karubaga kabupaten Tolikara, saat pesawat akan melakukan pendaratan (landing) pesawat mengalami crash landing sehingga ban pesawat tergelincir dan menabrak pagar landasan pacu Bandar Udara Karubaga.

Untuk diketahui, pesawat yang tergelincir mengangkut BBM subsidi jenis solar sebanyak 3 ton. 

Kabid Humas Polda Papua Kombes Pol Ahmad Musthofa Kamal mengatakan, pihaknya telah mengevakuasi pilot ke RSUD Karubaga dan melakukan penyelidikan di lokasi kejadian.

“Dalam insiden tersebut tidak terdapat korban jiwa dan saat ini pilot telah dievakuasi ke RSUD Karubaga untuk dilakukan pengecekan kondisi kesehatan oleh tim medis," ujar Kamal.