Enam Ibu Hamil di Papua Positif Covid-19

Ilustrasi tes swab Corona Covid-19
Sumber :
  • ANTARA FOTO/Arif Firmansyah

VIVA – Sebanyak enam orang ibu hamil di provinsi Papua terkonfirmasi positif virus corona atau Covid-19 sejak wabah pandemic corona menyebar ke Papua pada bulan Maret 2020 lalu.

Saat ini sudah sebanyak 1.110 orang di Papua dari 14 kabupaten dan kota dinyatakan positif corona. Dari jumlah ini, ditemukan sebanyak enam orang ibu hamil positif Covid-19.

Jubir Satgas Covid-19 Papua, dr Silwanus Sumule menjelaskan dari enam orang ibu hamil yang positif ini, dua orang diantaranya belum menjalani proses persalinan.

"Tadi saya baru dari rumah sakit untuk merawat dua ibu kamil yang positif corona ini. Dari mereka ini ada  yang mengalami pendarahan dan mengalami gangguan pencernaan, tapi sudah baik  sedang di rawat di rumah sakit," ujar Silwanus, Selasa, 9 Juni 2020.

Ia menjelaskan kedua ibu hamil itu  merupakan tahanan Polsek Abepura setelah sempat diisolasi di Polsek setempat.

"Kami dapat informasi ada keluhan sakit, maka saya jemput mereka dari tahanan Polsek ke rumah sakit, dan kami rawat dengan memberikan penanganan konservatif. Sekarang kondisi mereka sudah lebih baik," katanya.

Lanjut dia, alasan pihaknya melakukan isolasi bagi kedua tahanan itu polsek, Karen semua rumah sakit di Kota Jayapura sudah penuh dengan pasien Covid-19, sehingga para tahanan yang positif sementara di tempatkan di polsek Abepura.

"Rumah Sakit kita di Jayapura hari ini sudah penuh, terpaksa para tahanan yang positif itu kita diisolasi di polsek," ujar Sumule.

Sementara pasien positif corona lainnya, jelas Silwanus, ada juga yang di rawat di Hotel Sahid Jayapura dan ada juga yang di Diklat Kotaraja. "Kami berharap malam ini hasil PCR banyak yang negatif sehingga bisa ada pergantian pasien disana," katanya lagi.

Ia menambahkan saat pihaknya sedang menangani persalinan empat pasien ibu hamil yang positif Covid-19.