PA 212 Yakin Rizal Ramli Menang Debat Lawan Luhut

Novel Bamukmin.
Sumber :
  • Ridho Permana

VIVA – Menteri Koordinator Bidang Kemaritiman dan Investasi, Luhut Binsar Pandjaitan, akan melakukan debat dengan Ekonom Senior, Rizal Ramli, perihal adanya utang luar negeri, Kamis, 11 Juni 2020. 

Juru Bicara Persaudaraan Alumni 212, Novel Bamukmin, tentunya mendukung Rizal Ramli dan yang bersangkutan pasti akan menang melawan Luhut dalam debat tersebut.

"Tentunya sudah pasti publik menilai Rizal Ramli lah yang akan menang karena Rizal Ramli boleh dikatakan salah satunya begawan ekonomi Indonesia," kata Novel kepada VIVAnews di Jakarta.

Novel menilai bahwa Luhut adalah sosok yang selalu mengambil kesempatan di bidang apa pun sesuai pesanan kepentingan kelompok atau golongan khusus, sehingga tidak pernah bekerja secara profesional dan tak ada kontribusi yang nyata untuk rakyat.

"Malah justru merugikan bangsa dan rakyat Indonesia. Salah satu contoh paling fatal yaitu kasus reklamasi," ujarnya.

Pihak Kemenko Kemaritiman telah mengundang Rizal melalui pesan singkat untuk hadir dalam debat tersebut. Selain Rizal, Luhut pun turut mengundang dosen senior Fakultas Ekonomi Universitas Indonesia Djamester Simarmata.

Djamester sendiri juga turut serta ingin melakukan perdebatan ke Luhut terkait utang luar negeri Indonesia. "Rencananya kami akan mengundang beliau dalam minggu ini untuk berdiskusi melihat analisis data-data yang disampaikan dan dasar-dasar keilmuan yang digunakan. Dari kami sudah sampaikan jadwalnya, tinggal tunggu konfirmasi Pak Djamester," ujar Jodi.

Sementara itu, Rizal mengaku siap berdebat dengan Luhut. Ia mempersiapkan jurus double kepret. Selain itu, Rizal mempunyai syarat antara lain, jika ia kalah maka ia tidak akan mengkritik pemerintah lagi. Namun jika menang maka tim ekonomi Jokowi wajib mundur.

“Rizal Ramli Siap Ladeni Debat, Luhut dan Tim Ekonomi Harus Mundur Kalau Kalah | Kedai Pena #rrsiapdebat," tulisnya di Twitter. (ase)