Temui Mahfud MD, Purnawirawan Minta Awasi Ancaman Ideologi Negara 

Menkopolhukam Mahfud MD dan para purnawirawan.
Sumber :
  • Istimewa

VIVA – Sejumlah purnawirawan TNI yang dipimpin oleh Mayjen TNI (Purn) Saiful Sulun berdialog dengan Menko Polhukam, Mahfud MD pada Jumat 12 Juni 2020. Selain Saiful Sulun, yang hadir antara lain adalah Letjen TNI (Purn) Kiki Syahnakri dan Letjen TNI (Purn) Bambang Dharmono.

Para purnawirawan TNI ini menemui Mahfud MD di Kantor Menko Polhukam, Jakarta Pusat untuk menyampaikan sejumlah pemikiran dan juga masukan kepada pemerintah.

Mereka menyampaikan pandangan pemerintah agar memelihara persatuan dan kesatuan Indonesia, serta menjaga kedaulatan dan ideologi negara. Termasuk mengantisipasi ancaman ideologi negara.

"Belakangan muncul berbagai ancaman terhadap ideologi negara, fenomena liberalisme, radikalisme, dan lain sebagainya yang perlu diantisipasi dengan sangat baik oleh pemerintah," kata Saiful Sulun seperti dikutip dari siaran pers Tim Media Menko Polhukam, dikutip Sabtu 13 Juni 2020.

Para purnawirawan juga secara khusus menanyakan tentang Rancangan Undang-Undang (RUU) Haluan Ideologi Negara (HIP). Terkait dengan itu, Mahfud menegaskan RUU HIP adalah inisiatif DPR yang saat ini tengah dilakukan pembahasan Daftar Inventarisasi Masalah (DIM) oleh pemerintah.

Para purnawirawan yang sebagian besar adalah anggota Legiun Veteran RI ini juga menyampaikan rasa rindunya untuk bertemu Presiden Joko Widodo. Namun, mereka mengakui presiden juga saat ini tengah sibuk dengan masalah covid-19.

"Kami dulu sering bertemu dan berdialog dengan bapak presiden, tapi kami paham betul beliau sekarang sangat sibuk, urusan covid dan lain-lain persoalan bangsa, padahal kami rindu untuk bertemu," kata Saiful Sulun.