Detik-detik Jatuhnya Jet Tempur TNI AU di Riau

Alutsista pesawat tempur Hawk 100/200
Sumber :
  • ANTARA FOTO/Irwansyah Putra

VIVA – Pesawat tempur milik TNI AU jenis Hawk 200 jatuh di Kampar, Riau pada Senin pagi, 15 Juni 2020. Kepala Dinas Penerangan TNI Angkatan Udara Marsma Fajar Adriyanto mengatakan, insiden jatuhnya pesawat tersebut terjadi pada pukul 08.13 WIB.

“Jadi tadi pagi pukul 8 dua pesawat ingin kembali ke runway. Tapi salah satu pesawat mendapatkan masalah,” kata Fajar dalam wawancara dengan tvOne.

Fajar pun menuturkan, terbangnya dua pesawat tempur dalam rangka latihan rutin. Ia mengatakan, memang di wilayah jatuhnya pesawat sering dilalui pesawat tempur maupun pesawat komersil.

“Ini latihan normal dan rutin. Untuk me-maintenance pilot. Pagi tadi berangkat dan akan kembali mendarat terjadi insiden ini. Satu pesawat jatuh,” ujarnya.

Sebelumnya, Kepala Dinas Penerangan TNI Angkatan Udara Marsma Fajar Adriyanto mengatakan, kondisi pesawat tempur yang jatuh di Kampar, Riau dalam kondisi layak terbang dan terawat. Hal ini ia katakan dalam wawancara dengan tvOne.

“Konidisi baik dan terawat,” kata Fajar, Senin, 15 Juni 2020.

Fajar menuturkan, pesawat tempur berjenis Hawk 200 ini buatan Inggris sejak 1995. Dalam peristiwa ini, ia memastikan pilot pesawat dalam kondisi selamat dan tak ada barang bukti.

“Pilot pesawat selamat dan tak ada korban. Hanya kerusakan materil,” katanya.