Dirikan 'Desa Pantang Mundur', Cara Polda Kalteng Lawan Covid-19

Sumber :

VIVA – Polda Kalimantan Tengah mendirikan 'Desa Pantang Mundur' (Lewu Isen Mulang). Pendirian ‘Desa Pantang Mundur’ ini dilakukan lantaran penyebaran Covid-19 sangat berdampak luas terhadap kehidupan sosial, ekonomi serta budaya yang ada di sana.

Kapolda Kalimantan Tengah Inspektur Jenderal Polisi Dedi Prasetyo mengatakan, awal mula didirikan Lewu Isen Mulang itu karena virus Corona dipandang atau dinilai sebagai suatu ancaman yang sangat merugikan.

"Upaya-upaya telah dilakukan untuk memutus mata rantai penyebaran Covid-19 sudah dilakukan, namun langkah-langkah tersebut belum dapat terlihat pengaruhnya terhadap penurunan penyebaran Covid-19, bahkan tidak jarang menimbulkan konflik dan perselisihan dalam pelaksanaannya," kata Dedi dalam keterangan tertulisnya, Senin, 15 Juni 2020.

Ia menjelaskan, Isen Mulang mengandung makna ketangguhan dan keuletan masyarakat suku Dayak dalam menghadapi tantangan dinamika pembangunan. Oleh karena itu, ia optimistis dengan didirikannya Lewu Isen Mulang bisa menimbulkan kembali semangat masyarakat dalam menghadapi virus Corona.

"Dengan mengobarkan lagi semangat Isen Mulang di masyarakat, diharapkan dapat menimbulkan sikap optimis dan semangat juang dalam menghadapi masa pandemi Covid-19," jelasnya.

Tak hanya untuk menghadapi virus yang berasal dari Wuhan, didirikannya Lewu Isen Mulang yang melibatkan masyarakat setempat atau perangkat desa ini juga untuk mencegah terjadinya kebakaran hutan dan lahan (karhutla).

"Lewu Isen Mulang adalah sebuah upaya kolaboratif dengan stakeholder berupa gerakan atau aksi nyata di daerah untuk mencegah karhutla, sebagai lumbung pangan ketahanan pangan dan mencegah penyebaran Covid-19. Menitikberatkan kepada keterlibatan elemen masyarakat yang aktif baik secara personal ataupun kelompok di desa," ungkapnya.

Untuk sasaran didirikannya Lewu Isen Mulang untuk mencegah terjadinya karhutla, ketahanan pangan dan yang terdampak penyebaran Covid-19 yang berada di satu teritori tertentu. “Dan fokus utama Lewu Isen Mulang adalah untuk mencegah karhutla, tangguh sosial ekonomi dalam rangka ketahanan pangan dan tangguh Kesehatan jasmani dan rohani," tuturnya.

Tak hanya mendirikan Lewu Isen Mulang, pihaknya juga mendirikan Lewu Lusuk Parei (Desa Lumbung Pangan Ketahanan Pangan) yang letaknya dekat dengan rencana ibu kota negara baru.

"Tentulah harus bersiap ikut berkontribusi dalam pembangunan di berbagai sektor, terutama pada fokus infrastruktur, bidang pertanian secara luas, peternakan, perikanan dan bidang lainnya,” ujar dia.

Dengan adanya program Lewu Lusuk Parei, diharapkan desa-desa yang ada di Kalimantan Tengah, dapat mempersiapkan diri sebagai daerah lumbung pangan pada saat pemindahan ibu kota negara telah dilaksanakan. “Selain dapat meningkatkan taraf ekonomi dan sosial masyarakat desa," ucapnya.