KPU Terima Data Pemilihan Tambahan Pilkada Serentak dari Kemendagri

Ketua KPU Arief Budiman, Refleksi Hasil Penyelenggaraan Pemilu 2019
Sumber :
  • VIVA/M Ali Wafa

VIVA – Tahapan Pilkada Serentak 2020 dimulai kembali, setalah sempat tertunda karena pandemi covid-19. Hari ini, Komisi Pemilihan Umum (KPU) mendapat Data Penduduk Potensial Pemilih Pemilu (DP4) tambahan dari Kementerian Dalam Negeri (Kemendagri).

“Data data ini yang kami berikan melengkapi data data yang sebelumnya kami berikan. Mudah mudahan data ini dapat dimanfaatkan untuk memvalidasi pemilih," kata Mendagri Tito Karnavian secara virtual, Kamis 18 Juni 2020.

Baca juga : Pilkada Ikut Protokol Covid-19, KPUD Manggarai Tak Punya Uang Beli APD

Mantan Kapolri ini meminta KPU menjaga kerahasiaan data pemilih. Karena data DP4 adalah bagian dari privasi warga negara yang harus dijaga dengan baik oleh negara. 

Selain itu Tito berharap agar penyelenggaraan Pilkada Serentak 2020 di tengah pandemi Covid-19 ini dapat berjalan dengan baik. Dengan cara menjalankan koordinasi yang baik antar institusi terkait. 

"Pemerintah mendukung kegiatan-kegiatan yang dilaksanakan oleh KPU, yang harus ditindak lanjuti pemerintah daerah. Termasuk oleh KPU dan Bawaslu bagian bawah, dan DKPP, yang terus berkoordinasi dengan pemerintah daerah," ujarnya. 

Baca juga : Antusiasme Publik dan Corona Tak Merebak Jadi Indikator Pilkada Sukses