Garuda Indonesia Klarifikasi Isu Masker Awak Kabin Diganti Face Shield

Pesawat Maskapai Garuda Indonesia.
Sumber :
  • ANTARA FOTO/Ahmad Subaidi

VIVA – Maskapai nasional Garuda Indonesia memberi klarifikasi terkait pemberitaan bahwa masker yang digunakan awak kabin akan digantikan dengan face shield. Ditegaskan bahwa, face shield tidak menggantikan masker yang saat ini telah digunakan oleh awak kabin. 

Direktur Utama Garuda Indonesia, Irfan Setiaputra menyampaikan bahwa rencana penggunaan face shield oleh awak kabin Garuda pada prinsipnya hanya merupakan APD pelengkap atau tambahan bagi awak kabin.

Dia menegaskan pihaknya berkomitmen untuk senantiasa menerapkan protokol kesehatan pada seluruh lini operasional penerbangan, termasuk melalui penggunaan Alat Pelindung Diri (APD) bagi awak kabin sesuai dengan standar yang telah ditetapkan regulator untuk menjamin kenyamanan dan keamanan penumpang maupun awak kabin yang bertugas.

"Saat ini kami juga tengah mempersiapkan penggunaan APD penunjang lainnya berupa face shield hingga rencana penggunaan apron sekali pakai untuk awak kabin ketika menyajikan makanan kepada penumpang," kata dia di Jakarta, Sabtu 20 Juni 2020.

Baca juga: Bos Garuda Indonesia Curhat Rugi Besar Kehilangan Penumpang

Secara berkelanjutan, lanjut dia, pihaknya juga terus melakukan evaluasi terhadap penggunaan kelengkapan APD bagi awak kabin yang paling sesuai dan aman digunakan selama penerbangan.

"Namun tetap memberikan kenyamanan dan keleluasaan berinteraksi dengan pengguna jasa yang tentunya tetap mengacu pada aspek regulasi dan safety yang berlaku," ujarnya. 

Memasuki era new normal ini, lanjut dia, Garuda Indonesia terus bergerak adaptif mengoptimalkan kualitas layanan serta secara konsisten menjalankan protokol kesehatan guna menjaga kepercayaan dan minat pengguna jasa untuk kembali merencanakan perjalanan menggunakan layanan transportasi udara.