Halo
Pembaca

VIVANetworks

News

Bola

Sport

Showbiz

LifeStyle

Otomotif

Digital

Ragam

Militer

Netizen

Lintas

Informasi

Wacana Aceh Bisa Berangkatkan Haji Sendiri Didukung DPRA

Senin, 22 Juni 2020 | 19:04 WIB
Foto :
  • ANTARA FOTO
Jemaah haji asal Aceh

VIVA – Wacana Aceh bisa memberangkatkan jemaah haji secara mandiri mendapat dukungan dari Dewan Perwakilan Rakyat Aceh (DPRA) dan Kanwil Kementerian Agama Aceh. Mereka setuju dengan wacana tersebut.

Apalagi wacana itu diperkuat dalam pasal 16 Undang-Undang Pemerintah Aceh (UUPA) serta, Rancangan Qanun tentang Penyelenggaraan dan Pengelolaan Ibadah Haji dan Umrah yang sedang dibahas pihak legislatif.

Baca Juga

Baca juga Cek Fakta: Aceh Berangkatkan Jemaah Haji

Ketua Komisi VI DPR Aceh yang membidangi Keistimewaan, Agama, Pendidikan, Kebudayaan dan Kekhususan Aceh, Irawan Abdullah mendukung wacana tersebut. Namun, pihaknya masih ragu, apakah wacana itu diizinkan oleh pemerintah pusat atau tidak.

Menurutnya bisa saja Pemerintah tidak sepakat dengan wacana ini dan menolaknya. "Tentu kita sepakat. Namun yang kita ragukan ialah keseriusan dan keikhlasan Pemerintah, apakah mereka izinkan atau tidak," ujar Irawan saat dikonfirmasi, Senin, 22 Juni 2020.

DPR Aceh juga saat ini sedang membahas rancangan qanun ibadah haji dan umrah, wacana itu bisa saja dimasukkan ke dalam rancangan qanun tersebut. Jika tidak dimasukkan, qanun itu sama saja dengan produk hukum yang dikeluarkan oleh pemerintah soal ibadah haji.

"Ini harus masuk (rancangan qanun ibadah haji). Kita tetap dorong ini harus dimasukkan," sebut Irawan.

Topik Terkait
Saksikan Juga
Terpopuler