Gara-gara Foto di Atas Karang Mahasiswa Bogor Hilang Keseret Ombak

Ilustrasi pencarian korban oleh tim Basarnas
Sumber :
  • ANTARA FOTO/Aswaddy Hamid

VIVA – Satu mahasiswa asal Politeknik Akademi Kimia Analis (AKA) Bogor dinyatakan hilang di kawasan wisata Pulomanuk, Sawarna, Kabupaten Lebak, Banten. Peristiwa itu terjadi saat Ferdianasfatan dan Muhammad Aulia Hidayat berfoto di atas karang, tiba-tiba ombak besar menerjang keduanya. 

Dua temannya, Alfian Eka dan Muhammad Ja'far Asidik yang sedang bermain air di pantai bersama masyarakat setempat, berusaha menolong korban. Namun nahas, hanya Ferdian yang bisa tertolong, sedangkan Aulia dinyatakan hilang.

"Mahasiswa foto di atas karang di tempat wisata tersebut dan tiba-tiba ombak datang dan menyebabkan ke empat mahasiswa tersebut jatuh ke laut, tiga orang dapat diselamatkan sedangkan satu orang hilang," kata Kepala Basarnas Banten, Muhammad Zaenal Arifin, melalui sambungan selulernya, Jumat 26 Juni 2020.

Peristiwa itu terjadi Jumat sore, 26 Juni 2020, sekitar pukul 17.00 wib, saat para mahasiswa itu akan mengabadikan foto matahari tenggelam. Informasi kejadian di dapatkan Basarnas Banten sekitar pukul 18.40 wib dan diperkirakan sampai ke lokasi dini hari nanti, sekitar pukul 00.00 wib.

Mahasiswa yang di nyatakan hilang bernama Muhammad Aulia Hidayat, berusia 21 tahun, asal Bandar Lampung. Sedangkan tiga mahasiswa yang jatuh hang berhasil selamat bernama Ferdianasfatan (20 tahun), Alfian Eka (19 tahun), dan Muhammad Ja'far Asidik.

"Lokasi wisata tersebut sebenarnya masih ditutup, mereka tidak masuk lewat pintu depan, tapi melalui pintu belakang," terangnya.

Karena pencarian orang hilang di tengah pandemi covid-19, maka personil Basarnas Banten di lengkapi Alat Pelindung Diri (APD) dan pakaian hazmart.

"Kita kerahkan alur yang di gunakan berupa palsar air, alat medis, APD hazmart," jelasnya.