Simak, Tips Aman Berbelanja di Pasar saat Pandemi Corona

Pasar Palmerah, Jakarta Barat disemprot disinfektan
Sumber :
  • ANTARA FOTO/Muhammad Adimaja

VIVA – Anggota Junior Doctor Network (JDN) dr. Sarah Shyma membagikan protokol bagi para pembeli yang ingin berbelanja ke pasar. Pertama, para pembeli sebelum berangkat ke pasar harus memastikan dalam kondisi sehat dan wajib menggunakan masker.

Pembeli juga harus membuat catatan rencana perbelanjaan guna mempersingkat waktu belanja dan mengurangi risiko penularan Covid-19 lewat kontak dengan orang-orang. Hal itu disampaikan Sarah di Media Center Gugus Tugas Percepatan Penanganan Covid-19, Sabtu 27 Juni 2020.

"Wajib menggunakan masker dan punya catatan apa yang akan dibeli untuk mempersingkat waktu serta mengurangi risiko infeksi karena kita tidak berlama-lama di pasar, jadi harus punya rencana sebelum ke pasar," kata Sarah.

Baca juga: Naik Terus, Sudah Lebih 10 Juta Orang di Dunia Terinfeksi Covid-19

Sebagai upaya untuk mengurangi kontak fisik dan sekaligus mengurangi penggunaan plastik, para pembeli juga sangat diharuskan untuk membawa tas belanja sendiri.

"Siapkan tas belanja untuk membawa barang-barang yang akan dibeli, selain kita bisa memastikan kebersihannya, kita juga dapat mengurangi penggunaan plastik," ujar Sarah.

Setelah berbelanja di pasar, para pembeli juga kembali diingatkan untuk membersihkan diri terlebih dahulu, seperti mencuci tangan, ganti baju dan mandi. Setelah itu baru menata barang-barang atau bahan makanan yang dibeli.

"Untuk pembersihan barang seperti perabotan rumah tangga dapat disemprotkan desinfektan. Namun untuk bahan pangan seperti buah dan sayur dapat dicuci dengan air mengalir dan jika dimasak yang penting adalah higienitas dari kita memasak dan kematangannya bisa membunuh kuman," kata Sarah.