Menkes Terawan Manggut-manggut Disindir Jokowi soal Anggaran Kesehatan

Menkes Terawan saat mendengar pidato Presiden Jokowi
Sumber :
  • Youtube Setpres

VIVA – Presiden Jokowi marah-marah dan menyindir para Menteri di Kabinet Indonesia Maju saat sidang kabinet paripurna pada 18 Juni 2020. Video yang menyinggung reshuffle dan juga soal pembubaran lembaga itu dipublikasikan oleh Sekretariat Presiden pada Minggu 28 Juni 2020.

Dalam paparannya, Jokowi menyindir anggaran kesehatan yang masih sangat kecil digunakan di saat negara sedang krisis seperti saat ini. Belanja Kementerian pun diminta untuk dipercepat untuk menangani pandemi Covid-19 dan pemulihan ekonomi.

"Saya peringatkan belanja-belanja di Kementerian. saya lihat di laporan masih biasa-biasa saja. Segera keluarkan belanja itu secepat-cepatnya. Kalau ada hambatan keluarkan peraturan menterinya agar cepat. Kalau perlu Perpres saya keluarkan perpresnya," kata Jokowi dikutip Senin 29 Juni 2020.

Baca juga: Momen Jokowi Ancam Reshuffle Menteri yang Anggap Biasa Krisis di RI  

Untuk pemulihan ekonomi nasional di bidang kesehatan, Jokowi menyebut sudah dianggarkan sebesar Rp75 triliun, namun baru dikeluarkan 1,53 persen.

"Uang beredar di masyarakat ke-rem ke situ semua. Segara itu dikeluarkan dengan penggunaan-penggunaan yang tepat sasaran. Sehingga men-trigger ekonomi," kata Kepala Negara. 

Ekspresi Menteri Kesehatan, Terawan Agus Putranto tertangkap kamera saat Kepala Negara menyebut anggaran kesehatan Rp75 triliun namun baru keluar 1,53 persen. Terawan yang menggunakan masker dan batik berkelir cokelat itu tampak manggut-manggut alias sedikit mengangguk saat mendengar pernyataan Kepala Negara itu.

"Pembayaran tunjangan untuk dokter, dokter spesialis, untuk tenaga medis, segera keluarkan. Belanja-belanja untuk peralatan segera keluarkan. Ini sudah disediakan Rp 75 triliun," tegas Jokowi lagi dengan nada sedikit meninggi.

Di media sosial Twiter, Terawan menjadi salah satu yang bertengger di trending topic akibat pidato Presiden di sidang kabinet paripurna itu. Di sisi lain, ada saja warganet yang membuat meme soal Menkes Terawan yang tak bisa tidur gara-gara sindiran dari pidato Jokowi terkait anggaran kesehatan dan reshuffle itu. 

>