Kerusuhan di Madina: Mobil Wakapolres Dibakar dan 6 Polisi Terluka

Sekelompok massa membakar sejumlah sepeda motor dan mobil di Desa Mompang Julu, Kecamatan Panyabungan Utara, Kabupaten Mandailing Natal, Sumatera Utara, Senin, 29 Juni 2020.
Sumber :
  • IST

VIVA – Mobil Dinas Wakil Kepala Kepolisian Resor Mandailing Natal (Madina) menjadi sasaran dan dibakar oleh massa yang berunjuk rasa di Jalan Lintas Sumatera ?di Desa Mompang Julu, Kecamatan Panyabungan Utara, Kabupaten Madina, Sumatera Utara, Senin 29 Juni 2020.

Berdasarkan informasi diperoleh VIVAnews, massa berjumlah ratusan orang itu merusak satu mobil dan sebuah sepada motor. Para demonstran juga memblokir akses jalan di lokasi aksi.

"Enam anggota Polres Madina mengalami luka atas lemparan batu dan saat ini mendapat perawatan di RSUD Panyabungan," kata Kepala Bidang Hubungan Masyarakat Polda Sumut Kombes Pol Tatan Dirsan Atmaja, ?kepada wartawan di Medan, Senin malam, 29 Juni 2020.

Kerusuhan itu menyusul unjuk rasa massa warga setempat yang menuntut Kepala ?Desa Mompang Julu, Hendrik Hasibuan, untuk mengundurkan diri karena mereka mencurgai sang kepala desa tidak transparan dalam pembagian bantuan sosial tunai (BST). Mereka meminta Bupati Mandina untuk mencabut SK Kepala Desa.

Polres Madina dibantu Brimob Polda Sumut dan TNI bernegosiasi dengan massa pengunjuk rasa hingga tengah malam. Aparat juga memperketat pengamanan agar agar kerusahan meluas.

"Tapi, sampai saat ini [polisi] tetap melakukan upaya persuasif humanis, mengimbau masyarakat segera pulang. Ini yang dilakukan Kapolres Madina. Sampai saat ini jalan masih diblokir. Makanya kita upayakan negosiasi kepada masyarkat," kata Tatan.