Update Corona Bali 4 Juli 2020: Positif 1.797, Meninggal 18 Orang

Sumber :

VIVA – Meski saat ini Indonesia tengah memasuki fase new normal, namun faktanya Covid-19 atau virus corona masih menjadi momok menakutkan. Betapa tidak, setiap hari perkembangannya cukup memprihatinkan. 

Hari ini, saja di Bali misalnya, Sabtu 4 Juli 2020, Gugus Tugas Percepatan Penanganan Covid-19 Provinsi Bali melaporkan dua pasien lagi harus meregang nyawa. 

"Sehingga total hingga hari ini pasien yang meninggal dunia karena virus corona sebanyak 18 orang," kata Ketua Harian Gugus Tugas Percepatan Penanganan Covid-19 Provinsi Bali, Dewa Made Indra saat memberi keterangan resmi.

Sementara itu, mereka yang terjangkit virus ini bertambah 91 orang dengan jumlah akumulasi 1.797 orang. Jumlah itu terdiri dari 1 orang WNA dan 90 orang WNI. Dua orang terjangkit karena imported case, sedangkan 88 orang transmisi lokal.

"Pasien yang sembuh bertambah 24 orang terdiri dari dua orang imported case, 22 orang transmisi lokal. Total akumulatif pasien sembuh sebanyak 937 orang," papar dia.

Sementara untuk jumlah pasien positif dalam perawatan (kasus aktif) sebanyak 842 orang yang berada di 14 rumah sakit dan dikarantina di Bapelkesmas, UPT Nyitdah, Wisma Bima, Hotel Ibis, Hotel Gran Mega dan BPK Pering.

Dari jumlah perkembangan angka positif virus corona di Bali sebagian besar masih didominasi oleh transmisi lokal secara kumulatif sejumlah 1.427 orang. Hal ini berarti masih ada masyarakat yang tidak mengindahkan atau melakukan upaya-upaya pencegahan Covid-19 seperti pemakaian masker, mencuci tangan, physical distancing dan lainnya. 

"Untuk itu, sekali lagi, dalam menekan kasus transmisi lokal maka masyarakat harus sadar dan disiplin dalam melakukan upaya pencegahan virus ini," imbaunya.