Halo
Pembaca

VIVANetworks

News

Bola

Sport

Showbiz

LifeStyle

Otomotif

Digital

Ragam

Militer

Netizen

Lintas

Informasi

Rabu, 8 Juli 2020 | 00:16 WIB

John Kei Pernah Lolos dari Hukuman Mati karena Berperilaku Sopan

Team VIVA »
Lutfi Dwi Puji Astuti
Zulfikar Husein
Foto :
  • VIVAnews/Anhar Rizki Affandi
Sidang Vonis Jhon Kei

VIVA – Nama John Refra Kei alias John Kei belakangan ini kembali tengah menjadi sorotan, setelah aksi penyerbuan ke kediaman salah satu kerabatnya, Nus Kei pada Juni 2020. Padahal, John Kei baru saja bebas dari penjara pada Desember 2019.

John Kei diketahui baru selesai menjalani pidana di Lapas Nusakambangan terkait kasus pembunuhan pengusaha Tan Hari Tantono alias Ayung. Berdasarkan putusan Mahkamah Agung (MA) Nomor 723K/PID/2013, John Kei divonis 16 tahun penjara dalam kasus pembunuhan berencana pada tahun 2013. Kemudian dia mendapat total remisi 36 bulan 30 hari dan  bebas murni pada 31 Maret 2025. Setelah memenuhi persyaratan, John Kei diberikan pembebasan bersyarat pada 26 Desember 2019.

Baca Juga

Di kasus tersebut, John Kei, berhasil lolos dari vonis hukuman mati. Sebab, Jaksa Penuntut Umum menilai, John Kei telah berlaku sopan di persidangan. JPU pun akhirnya menuntut John Kei 14 tahun hukuman penjara. Namun, Hakim Pengadilan Jakarta Pusat menghukum John Kei lebih berat dari tuntutan yaitu 16 tahun penjara. 

Topik Terkait
Saksikan Juga
Polisi Tangkap 11 Preman Bersenjata Api
TVONE NEWS - 8 bulan lalu
Terpopuler