Halo
Pembaca

VIVANetworks

News

Bola

Sport

Showbiz

LifeStyle

Otomotif

Digital

Ragam

Militer

Netizen

Lintas

Informasi

Jubir Gugus Tugas: Penularan Corona Kini seperti Asap Rokok

Senin, 13 Juli 2020 | 17:39 WIB
Foto :
  • istimewa
Juru Bicara Pemerintah untuk Penanganan Covid-19, Achmad Yurianto

VIVA – Juru Bicara Penanganan COVID-19, Achmad Yurianto, menyatakan bahwa penularan virus Corona seperti asap rokok. Penularan yang dimaksud berdasarkan temuan terbaru melalui mikro droplet yang banyak tidak disadari banyak orang.

"Bisa kita ibaratkan seperti asap rokok. Apabila berada dalam satu ruangan yang sirkulasinya tidak bagus. Meskipun kita menggunakan pelindung wajah tanpa menggunakan masker maka kita bisa mencium asap itu," kata Yurianto, Senin 13 Juli 2020.

Baca juga: Kasus Corona di Indonesia: Positif Tambah 1.282, Total 76.981

Baca Juga

Yurianto menambahkan, penularan melalui mikro droplet makin berbahaya lantaran aktif di ruangan tertutup. Lagi-lagi, dia meminta masyarakat menggunakan masker secara rutin.

"Bahwa penularan ini dilakukan oleh droplet yang ukurannya kecil. Yang bisa melayang di udara dalam waktu relatif lama. Apalagi ruangan itu tanpa sirkulasi udara sama sekali," ujar dia.

Yurianto menambahkan, masih banyak temuan di lapangan masyarakat tidak disiplin menjalani protokol kesehatan. Terkadang, selain tidak menggunakan masker, masih ada masyarakat tidak mematuhi jaga jarak. Tertib menerapkan protokol kesehatan, saran Yurianto, berlaku bagi semua, termasuk dengan orang-orang terdekat.

"Bahwa menggunakan masker harus dilakukan. Sekalipun kita merasa berada di tengah orang yang sudah kita kenal. Berasa di tengah kolega-kolega kita, rekan kerja kita, yang setiap hari sudah kita kenal. Tetap gunakan masker," ujarnya.

Read more...
Topik Terkait
Saksikan Juga
Terpopuler