Jokowi Lantik Perwira Remaja TNI-Polri Secara Virtual

Joko Widodo
Sumber :
  • Istimewa

VIVA – Presiden Joko Widodo memimpin pengambilan sumpah Prasetya Perwira (Praspa) para perwira remaja TNI dan Polri tahun 2020 di Istana Negara, Jakarta, Selasa 14 Juli 2020.

Acara kali ini berbeda dari tahun-tahun sebelumnya. Kepala Negara melantik sekaligus mengambil sumpah para calon petinggi aparat keamanan dan pertahanan negara itu secara virtual.

Hanya penerima penghargaan Adhi Makayasa yang hadir secara langsung di Istana Negara, mewakili para perwira lainnya. Adhi Makayasa merupakan penghargaan tahunan kepada lulusan terbaik dari setiap matra di TNI dan Polri. Baik itu TNI Angkatan Darat, TNI Angkatan Laut, dan TNI Angkatan Udara serta Kepolisian RI.

Total ada 750 perwira yang dilantik pada 2020. Mereka berasal dari Akademi Militer 457 orang dan 293 merupakan lulusan Akademi Kepolisian. 

"Kita tidak melakukan tatap muka di halaman Istana, tetapi kali ini kita lakukan secara virtual. Hanya penerima Adhi Makayasa dan orangtuanya yang hadir secara fisik di Istana Negara mewakili saudara-saudara," tutur Presiden Jokowi, Selasa 14 Juli 2020.

Baca juga: 67 Orang Kembali Negatif, Tersisa 1.115 Positif COVID-19 di Secapa AD

Adapun empat perwira terbaik penerima Adhi Makayasa adalah Angga Andhika Yudha (Akmil), Rizqy Zealand Djuhaeri (AAL), Juanda Siregar (AAU), dan Ivan Pradipta Mahadika (Akpol).

Jokowi menaruh harapan kepada mereka yang dilantik. Bagi Presiden, ke depan diperlukan para perwira unggul dan cepat beradaptasi dengan kemajuan zaman.

"Saudara-saudara harus menjadi bagian kualitas SDM Indonesia yang hebat, yang menguasai ilmu pengetahuan dan teknologi, yang lincah dan inovatif dalam menghadapi perubahan dengan karakter kebangsaan kokoh menjaga NKRI dan Pancasila yang sejati," tutur Jokowi. (art)