Seorang Ulama Asal Bireuen Aceh Positif COVID-19

Petugas menangani pasien Corona. (Foto Ilustrasi)
Sumber :
  • ANTARA FOTO/Oky Lukmansyah

VIVA - Seorang ulama asal Kabupaten Bireuen, Provinsi Aceh, berinisial HB (71) terkonfirmasi positif virus corona (COVID-19). Ia diketahui positif saat menjalani perawatan di salah satu rumah sakit di Bireuen.

Koordinator Tim Penyakit Infeksi Emerging (PIE) Rumah Sakit Umum Zainoel Abidin (RSUZA) Banda Aceh Noviana Rahmawati membenarkan, adanya penambahan pasien positif corona yang merupakan ulama di Aceh.

“Iya benar, pasien berinisial HB, semalam baru dirujuk ke sini (RSUZA),” kata Noviana saat dikonfirmasi, Rabu, 22 Juli 2020.

Baca juga: Wiku Adisasmito: Berawal dari Dokter Hewan, Kini Jubir Satgas Corona

Ulama tersebut sebelumnya datang ke rumah sakit yang ada di Bireuen dengan keluhan sesak nafas dan batuk. Setelah itu, petugas medis melakukan rapid antigen dan pemeriksaan PCR. Kemudian hasilnya positif corona. “Tadi dini hari keluar, hasilnya positif COVID-19,” kata Noviana.

Setelah dinyatakan positif corona, HB langsung dirujuk ke ruang Respiratory Intensive Care Unit (RICU) RSUZA untuk mendapatkan perawatan secara intensif. HB dirujuk tadi pagi dan sudah tiba di RSUZA.

Pihaknya juga sedang berkoordinasi dengan tim gugus tugas untuk melakukan tracing terhadap orang-orang yang pernah kontak dengan pasien tersebut.

Sejauh ini pasien yang terkonfirmasi positif corona di Aceh berjumlah 150 kasus. Dengan rincian 66 dirawat di rumah sakit rujukan, 75 sembuh dan 9 meninggal dunia. (lis)