Doa Jokowi untuk Raja Salman: Semoga Yang Mulia Sehat

Presiden Jokowi saat menerima kunjungan Raja Salman dari Arab Saudi ke Indonesia 1-9 Maret 2017.
Sumber :
  • Biro Pres Istana

VIVA – Presiden Jokowi mengirim doa kepada Raja Salman bin Abdulaziz, pemimpin kerajaan Arab Saudi, agar segera pulih. Raja Salman diketahui tengah terbaring di rumah sakit karena radang kantung empedu. Hal itu disampaikan Jokowi lewat akun twitter miliknya, @jokowi, Kamis 23 Juli 2020.

"Berharap Yang Mulia Raja Salman bin Abdulaziz Penjaga Dua Masjid Suci sehat. Semoga Allah melimpahkan berkah untuk Yang Mulia," kata Jokowi.

Sekadar diketahui, penguasa Arab Saudi, yang pada 2017 lalu pernah datang ke Tanah Air, masih dirawat di Rumah Sakit King Faisal Specialist di Ibu Kota Riyadh.

Baca juga: MUI Minta Polisi Usut Pembuat Isu Viral Kue Klepon Tak Islami

Disebutkan bahwa raja berusia 84 tahun yang telah memimpin Kerajaan Saudi sejak 2015 itu, dirawat untuk pemeriksaan medis. Raja mengalami sakit peradangan kantung empedu, namun dari pihak kerajaan tak memberikan rincian lebih lanjut.

Dilansir Channel News Asia, Raja Salman menghabiskan waktu lebih dari 2,5 tahun sebagai putra mahkota Saudi dan wakil perdana menteri sejak Juni 2012, sebelum menjadi raja. Dia juga menjabat sebagai gubernur wilayah Riyadh selama lebih dari 50 tahun.

Salman bin Addulaziz adalah Raja ke-7 Arab Saudi yang menjadi Penjaga Dua Kota Suci dan memimpin Wangsa Saud saat ini. Salman lahir pada 31 Desember 1935, dan sebagai anak ke-25 dari Ibn Saud.

Raja Salman menempuh pendidikan awal di Sekolah Pangeran di Riyadh, yakni sekolah yang didirikan oleh Ibn Saud dan dikhususkan untuk memberikan pendidikan bagi anak-anaknya. Salman mempelajari agama dan ilmu pengetahuan modern.

Pada Januari 2015, Salman yang berusia 79 tahun diangkat menjadi Raja Saudi setelah saudara tirinya Raja Abdullah meninggal dunia karena sakit pneumonia di usia 90 tahun. Raja Salman pernah melakukan kunjungan kenegaraan ke Indonesia pada Maret 2017.