Prabowo Incar Pesawat Tanpa Awak Buatan Turki

Menhan Prabowo Subianto menyetir mobil baru Pindad yang diberi nama Maung
Sumber :
  • Twitter @prabowo

VIVA – Menteri Pertahanan Prabowo Subianto sedang melawat ke Turki saat ini. Lawatan Prabowo ke Turki ini adalah yang kedua kalinya sebagai menhan, setelah terakhir pada November 2019 bertemu dengan Presiden Turki Recep Tayyip Erdogan.

Kunjungan ke Turki ini dibenarkan oleh Juru Bicara Menhan Dahnil Anzar Simanjuntak. Menurut Dahnil, kunjungan Prabowo itu untuk melanjutkan pembahasan mengenai kerja sama industri pertahanan kedua negara.

"Melanjutkan pembicaraan lebih intens kerja sama Industri pertahanan (Indonesia) dengan industri pertahanan Turki," kata Dahnil lewat pesan singkat yang dibagikan, Kamis 23 Juli 2020.

Baca juga: MUI Minta Polisi Usut Pembuat Isu Viral Kue Klepon Tak Islami

Lawatan Prabowo ke Turki juga diumumkan oleh Presiden Industri Pertahanan Turki, Ismail Demir. Dalam foto yang dibagikan lewat akun Twitter @IsmailDemirSSB, nampak Prabowo dan Ismail duduk bersama.

"Kami mengadakan pertemuan dengan Menteri Pertahanan Indonesia Prabowo dan delegasinya," kata Ismail.

Ismail melanjutkan, pertemuan kedua pihak ini membahas kerja sama terkait industri alutsista. Salah satunya terkait dengan pesawat tanpa awak atau Unmanned Aerial Vehicle (UAV).

"Pada pertemuan tersebut, kami bertukar pandangan tentang kerja sama di berbagai bidang, terutama UAV, kendaraan laut dan kendaraan darat," ungkap Ismail. (art)