Polisi Tak Larang Warga Mudik Idul Adha

Kakorlantas Polri Irjen Pol Istiono
Sumber :
  • istimewa

VIVA – Pemerintah melalui Kementerian Agama RI telah menetapkan Hari Raya Idul Adha 1441 Hijriah/2020 jatuh pada Jumat, 31 Juli 2020. Untuk itu, Korps Lalu Lintas Polri tetap melakukan antisipasi arus mudik Idul Adha.

Kepala Korps Lalu Lintas (Kakorlantas) Polri, Irjen Istiono, telah menyiapkan antisipasi mudik Lebaran qurban tersebut. “Tetap kita antisipasi untuk kemungkinan Lebaran ingin mudik,” kata Istiono di kantor Korlantas pada Kamis, 23 Juli 2020.

Menurut dia, petugas tetap mengantisipasi jalur-jalur tol arteri di daerah seperti dari Jakarta menuju Jawa, maupun Jakarta menuju Lampung. Diharapkan, masyarakat yang mudik tidak membeludak.

Baca juga: MUI Minta Polisi Usut Pembuat Isu Viral Kue Klepon Tak Islami

“Mudah-mudahan tidak terlalu membeludak, tidak banyak. Memang ada space waktu Sabtu-Mìnggu, mereka ada libur lah. Oleh karena itu, kita antisipasi jajaran itu untuk menyiapkan langkah-langkah penjagaan pengaturan di lapangan,” ujarnya.

Namun, Istiono menegaskan tidak ada penyekatan terhadap jalan saat Idul Adha nanti. Tetapi, personel polisi lalu lintas akan tetap dikerahkan di beberapa titik tertentu.

“Tidak ada (penyekatan), hanya di titik-titik tertentu kami lakukan penjagaan tol maupun arteri. Kami siapkan di sana. Kami sudah lakukan langkah persiapan di jajaran polda untuk antisipasi, sudah saya cek,” tutur dia. (art)