Tiga Syarat Vaksin COVID-19 Diproduksi Massal

Ilmuwan melakukan penelitian virus corona baru.
Sumber :

VIVA – Pemerintah memberi syarat ketat jika produksi vaksin corona nantinya diproduksi secara massal. Juru Bicara Satuan Tugas Penanganan Covid, Wiku Adisasmito, menyampaikan bahwa syarat itu disampaikan kepada peneliti dan pengawas, termasuk pihak- pihak terkait.

"Dalam pembuatan vaksin perlu ada tiga hal penting yang diperhatikan yaitu aman, tepat, dan cepat,” ujar Wiku di Kompleks Istana Kepresidenan, Jakarta, Jumat, 24 Juli 2020.

Saat ini, kata Wiku, uji vaksin sudah memasuki tahap ketiga. Menurut Wiku, vaksin yang aman harus mampu melindungi masyarakat. Kemudian kecepatan, artinya vaksin dalam proses produksi dikebut dengan mengikuti ketetapan yang benar sesuai aturan.

"Sementara tepat adalah vaksin bisa memberikan kekebalan spesifik untuk melindungi masyarakat dari virus corona," ujar Wiku.

Ahli penyakit infeksi ini menambahkan, selain Bio Farma yang menggandeng perusahaan asal China (Sinovac) untuk memproduksi, perusahaan dalam negeri pun tengah melakukan riset vaksin corona.

Perusahaan swasta sektor farmasi itu adalah Kalbe Farma. Menurut Wiku, di tim satgas sendiri juga terdapat tim pakar khusus vaksin dan obat.

"Selain Bio Farma ada juga rencana dengan pihak swasta, yaitu Kalbe Farma. Kita ingin produksi vaksin diproduksi perusahaan Indonesia," tuturnya. (ase)