Rekomendasi 5 Bahan Perlengkapan Bayi yang Aman Digunakan Si Kecil

Ilustrasi.
Sumber :

VIVA – Setiap orang tua pasti ingin yang terbaik untuk anaknya, termasuk memilih perlengkapan bayi yang dipakai sehari-hari. Mulai dari kualitas, kenyamanan dan kecocokan dengan kulit bayi menjadi pertimbangan penting sebelum membeli sesuatu, seperti pakaian, sarung bantal, dot, atau body care. 

Teruntuk para Moms yang sedang memiliki anak bayi, mungkin sekarang Anda sudah memiliki daftar apa saja yang ingin dibeli untuk perlengkapan si Kecil. Namun, apakah Moms sudah tahu jenis bahan apa saja yang baik untuk bayi agar terhindar dari berbagai macam alergi dan berbagai macam penyakit?

Supaya Moms lebih tenang dan dapat memberikan yang terbaik, sebaiknya gunakan perlengkapan bayi dengan bahan-bahan berikut yang aman digunakan saat mengurus si kecil.

1. Pakaian berbahan katun

Hal yang paling pertama di dalam pikiran Moms ketika ingin berbelanja kebutuhan bayi adalah pakaian. Pemilihan bahan pakaian untuk bayi memang harus diperhatikan, apalagi untuk bayi baru lahir, pertimbangan tambahan yang sebaiknya diingat adalah bahwa ia harus merasa nyaman dengan tali pusar yang baru dipotong.

Oleh karenanya, pilihlah material kain untuk pakaian si Kecil yang berbahan 100% katun atau katun bambu agar tidak lengket, licin, tebal, dan memiliki kualitas bagus, sehingga tidak cepat rusak atau melar jika dicuci berulang kali. Bila ada bahan katun yang bercampur polyester, nylon yang memiliki zat adiktif petrokimia yang dapat memancarkan senyawa organik volatil. Pada konsentrasi rendah, zat tersebut juga dapat memicu infeksi paru-paru, alergi, dan asma pada si kecil.

2. Sprei & selimut berbahan lembut

Bila si Kecil menangis. biasanya disebabkan oleh keadaan yang tidak nyaman, seperti haus, kepanasan, pakaian yang tidak nyaman hingga selimut yang membuatnya gatal. Tahukah anda jika bayi membutuhkan selimut bayi yang nyaman? Nyaman berarti tidak membuatnya gatal dan panas. Kulit bayi sangat sensitif. Oleh sebab itu anda perlu memahami betul, selimut mana yang paling tepat, karena tidak semua selimut cocok untuk kulit bayi.

Oleh karena itu, pilihlah selimut yang terbuat dari bahan yang lembut agar kulit bayi tidak iritasi, seperti katun atau kain velboa. Cara mudah menguji kelembutan bahan adalah dengan memegang selimut di samping kipas angin. Jika kamu dapat merasakan angin di balik selimut, berarti bahannya dapat dihirup, sehingga bisa dipastikan bayi tidak akan merasa kepanasan saat memakainya.

3. Popok kapas

Perlu diingat, bahwa kulit bayi masih sangat rentan mengalami alergi, khususnya ketika berurusan dengan popok. Jika Anda memilih popok yang lembab atau terlalu ketat, bisa-bisa si Kecil menderita ruam pada kulitnya.

Untuk menghindari hal ini, cobalah untuk menggunakan popok kapas. Walaupun menggunakan popok kapas terkesan lebih ribet, tetapi jenis popok ini cukup aman digunakan untuk si Kecil yang memiliki kulit yang sensitif. Selain itu, popok kapas juga bisa digunakan berulang kali setelah dicuci, sehingga berdampak positif pada lingkungan.

4. Mainan yang bebas PVC (Polyvinyl Chloride)

Selain pakaian, memilih mainan juga harus lebih diperhatikan lagi. Pasalnya, banyak sekali mainan yang terbuat dari plastik dan berbahaya bagi tubuh si Kecil. Sebab, sebagian besar plastik yang digunakan kerap mengandung bahan kimia berbahaya, termasuk karsinogen yang dikenal seperti vinil klorida, dioksin dan ftalat. Menurut Children's Environmental Health Network kandungan ini dapat menyebabkan alergi, asma, gangguan pencernaan, kerusakan otak, hingga pubertas dini.

Salah satu bahan yang biasanya ada pada mainan adalah PVC atau polyvinyl chloride. Jadi, jangan sepelekan pemilihan mainan ya, Moms. Jika Anda ingin membeli mainan untuk si kecil, pastikan yang akan dibeli tidak mengandung PVC agar anak bisa bermain dengan aman.

5. Perlengkapan bayi tanpa plastik

Selain mainan, perlengkapan bayi seperti tempat makan, sendok, botol minum dan lain-lain juga tidak direkomendasikan memakai plastik. Sebaiknya gunakan alternatif lain seperti kayu atau bambu yang terbebas bahan kimia. Walaupun terkesan lebih mahal dibandingkan plastik, tetapi tidak sepadan dengan dampak buruk yang bisa terjadi oleh si Kecil di kemudian hari.

Belanja keperluan bayi jangan sampai kebablasan

Memang, membeli perlengkapan bayi apalagi untuk yang pertama kalinya sangat menyenangkan. Namun jika hasrat tersebut dibiarkan bisa-bisa pengeluaran membengkak, dan jika tidak cermat akan beresiko membeli barang yang salah atau tidak perlu. 

Agar keuangan Anda tidak jebol, cobalah manfaatkan aplikasi pinjam dana seperti Kredivo yang menyediakan layanan pay later dengan bunga 0% yang bisa Anda gunakan di 350+ e-commerce di Indonesia seperti, Tokopedia, Bukalapak, Lazada dan masih banyak lagi. 

Selain itu, Kredivo juga menyediakan layanan kredit online untuk pembelian barang kebutuhan si Kecil yang lumayan merogoh kocek, seperti stroller, kasur bayi dan lain sebagainya. Ada juga layanan pinjam dana yang bisa ditarik langsung ketika memiliki kebutuhan darurat. Bunga yang diberikan Kredivo paling rendah di kelasnya, hanya 2,6% per bulan.

Bagaimana? Menguntungkan sekali bukan jika menggunakan Kredivo? Yuk, download aplikasinya di Play Store atau Apps Store di smartphone Anda.