Mudik Idul Adha, Penumpang KAI dari Stasiun Senen Naik 2 Kali Lipat

Kahumas PT KAI Daop 1, Eva Chairunisa
Sumber :
  • VIVA/Zahrul Darmawan

VIVA – Besok, masyarakat sudah merayakan hari raya Idul Adha 1441 Hijriah. Pemudik yang menggunakan jasa kereta api dari Stasiun Pasar Senen pun bertambah hingga mencapai ribuan orang.

“Jadi memang ada peningkatan,” kata Kahumas PT KAI Daop 1, Eva Chairunisa, di Stasiun Pasar Senen, Jakarta, Kamis 30 Juli 2020. Peningkatan itu tercatat sekitar dua kali lipat dibandingkan biasanya.

Eva menjelaskan, akhir pekan minggu lalu itu ada sekitar 1.500 penumpang per hari yang menggunakan jasa kereta api. Dan untuk saat ini pada 30 Juli 2020, ada 3.000-4.000 penumpang yang menggunakan jasa kereta api.

Baca juga: Penampakan si Gombloh, Sapi Qurban dari Jokowi Seharga Rp87 Juta

Untuk itu, KAI menambah jadwal keberangkatan kereta dari beberapa stasiun di Jakarta seperti Pasar Senen dan Gambir. 

Penambahan tersebut di antaranya keberangkatan dari Stasiun Gambir relasi Solo, kemudian relasi Yogyakarta, kemudian ada juga Surabaya Pasar Turi dan Surabaya Gubeng.

“Jadi totalnya di tanggal ini, ada 11 perjalanan KA, tujuh dari Stasiun Gambir, empat dari Stasiun Pasar Senen,” ujarnya.

Secara keseluruhan untuk melayani masyarakat pada masa Idul Adha ini, KAI telah menyiapkan 4.385 kursi penumpang. Ia mengakui ini bukan kapasitas maksimal, karena di masa pandemi COVID-19 ini semua harus sesuai protap kesehatan COVID-19 seperti physical distancing di stasiun maupun dalam kereta. 

“Kapasitas 70 persen dari total kapasitas semuanya, karena memang tetap dilakukan pembatasan untuk physical distancing,” katanya. (art)