Masih Pandemi Corona, Sekolah di Bulukumba akan Buka Pekan Depan

Bupati Bulukumba, Sulsel, AM Sukri Sappewali
Sumber :
  • VIVA/irfan

VIVA – Pemerintah Kabupaten Bulukumba, Sulawesi Selatan, akan mulai membuka Sekolah Dasar (SD) dan Sekolah Menengah Pertama (SMP), pada pekan kedua Agustus ini.

Bupati Bulukumba AM Sukri Sappewali menjelaskan, untuk tahap pertama pembukaan SD, SMP dan sederajat, dilakukan secara terbatas. Itu pun khusus untuk wilayah Kecamatan Ujung Bulu.

Sebagai persiapan, seluruh tenaga pendidik dan tenaga kependidikan wilayah Kecamatan Ujung Bulu akan di-rapid test sebagai upaya pencegahan penularan virus corona atau COVID-19.

Sukri juga memastikan akan mengevaluasi keberlangsungan proses belajar mengajar di sekolah. Jika dalam perkembangannya terjadi penularan COVID-19, maka kegiatan belajar mengajar di sekolah dihentikan.

“Namun, jika kondisinya tetap aman, SD dan SMP di kecamatan lainnya juga akan segera dibuka,” ujarnya, Senin, 3 Agustus 2020.

Baca juga: Satu SD di Bekasi Uji Coba Sekolah dengan Protokol COVID-19

Bupati telah meminta Dinas Pendidikan dan Kebudayaan Kabupaten Bulukumba untuk mempersiapkan rencana pembukaan sekolah ini, termasuk kesiapan sekolah dalam menerapkan standar protokol kesehatan sesuai aturan yang telah ditetapkan.

Dengan dibukanya kembali sekolah, Sukri berharap para siswa bisa mendapatkan pengajaran lebih maksimal dari guru-gurunya.

Sejak virus corona merebak pada Maret lalu, Pemerintah Kabupaten Bulukumba menghentikan kegiatan belajar mengajar di SD dan SMP.

Data terakhir terkait jumlah yang terpapar COVID-19 di Bulukumba mencapai 241 orang, 5 orang di antaranya meninggal dunia. Tingkat kesembuhan sudah mencapai 232 orang atau tersisa 4 orang yang masih dirawat atau isolasi mandiri. (ase)