Sempat Landai Corona di Sumbar Naik Lagi, Kini Tembus 1000 Positif

Pelabuhan Teluk Bayur di Kota Padang, Sumatera Barat.
Sumber :
  • VIVA/Andri Mardiansyah

VIVA – Sempat grafiknya melandai, nyatanya dalam kurun waktu sepekan terakhir kasus terkonfirmasi positif virus corona (COVID-19) di Sumatra Barat (Sumbar) terus merangkak naik. Juru Bicara Percepatan Penanganan COVID-19 Provinsi Sumbar Jasman Rizal menyebutkan, Rabu 5 Agustus 2020, jumlah kasus pandemi mematikan di provinsi itu sudah tembus angka 1.007 positif.

Oleh karena itu mengingat potensi penyebaran masih cukup tinggi, Pemprov Sumbar mengimbau kepada seluruh masyarakat untuk tetap menaati dan menjalankan protokol kesehatan.

“Total sementara kasus konfirmasi positif COVID-19 di Sumbar sampai hari ini sebanyak 1.007,”kata Jasman Rizal pada Rabu 5 Agustus 2020.

Menurut Jasman, berdasarkan hasil pemeriksaan sampel spesimen hari Selasa di dua laboratorium terdapat penambahan kasus baru. Dua lab itu yakni Balai Penyidikan dan Pengujian Veteriner Wilayah II Baso dan Laboratorium Diagnostik dan Riset Terpadu Penyakit Infeksi Fakultas Kedokteran Universitas Andalas. Dengan jumlah 1.418 sampel terperiksa ditemukan penambahan sebanyak 20 kasus baru. Kasus baru tersebut berasal dari Kota Padang 14 kasus dan Kota Solok  ada 6 kasus. 

“Untuk hari ini dari total 1.418 sampel terperiksa, 1,4 persen atau 20 sampel di antaranya terkonfirmasi positif, ”ujar Jasman.

Dia menegaskan disiplin dalam menerapkan protokol kesehatan sangat penting mengingat potensi penyebaran COVID-19 ini cukup tinggi.  Meski saat ini Sumatra Barat dianggap masih mampu mengendalikan COVID-19, namun sangat diperlukan kerja sama semua lini.

Seluruh pendatang yang masuk ke Sumbar harus menunjukkan surat kesehatan yang menyatakan bebas dari paparan COVID-19. (ren)

Baca juga: PNS Teman Pria Istri Nurhadi Diperiksa KPK, Siapa Dia