Ma'ruf Amin dan Putrinya Cawalkot Tangsel Ziarah Makam

Ma'ruf Amin dan putrinya Calwakot ziarah makam
Sumber :
  • Setwapres

VIVA – Wakil Presiden, Ma'ruf Amin, menyempatkan diri melakukan perjalanan ke daerah Bumi Serpong Damai (BSD) Tangerang Selatan, pada Kamis, 6 Agustus 2020. Disebutkan agenda itu di luar jadwal resmi kenegaraan Wapres dan tak diumumkan sebelumnya.

Ma'ruf bersama istrinya, Wury Estu Andayani, melakukan ziarah ke Taman Makam Pahlawan (TMP) yang terletak di tengah-tengah perumahan mewah BSD tersebut. Di sana juga disebut pada saat itu sudah menunggu Siti Nur Azizah, putri Ma'ruf Amin.

Azizah seperti diketahui adalah kandidat yang tengah mencalonkan diri sebagai calon wali kota (cawalkot) Tangerang Selatan (Tangsel).

Usai melakukan tabur bunga bersama, Ma'ruf Amin bercerita bahwa dia sudah lama berniat ingin ziarah ke makam Aria Wangsakara, pendiri Kota Tangerang itu. Namun, hal itu baru bisa dilakukannya kemarin.

"Baru sekarang bisa melaksanakan karena terbentur banyak kegiatan," kata Ma'ruf seperti disampaikan dalam pesan tertulis Juru Bicara Wapres pada Jumat 7 Agustus 2020.

Kemudian terjadi perbincangan santai antara Wapres dengan juri kunci makam dan para tokoh masyarakat. Juru kunci bercerita bahwa Wangsakara adalah pejuang yang melawan penjajah Belanda. Kemudian, Wangsakara menjadi bupati pertama Tangerang. 

"Setelah diusut lewat silsilah keturunan, Wapres Ma'ruf Amin ternyata merupakan turunan ke-12 dari Pangeran Aria Wangsakara tersebut," ujar Jubir Wapres, Masduki Baidlowi.

Silsilah itu, katanya, antara lain melewati tokoh bernama Wira Negara yang lebih dikenal sebutan sebagai Syekh Ciliwulung. Jika dirunut ke atas, silsilah Wapres bertemu dengan nasab Raja Sumedang Larang atau Kesanulun. (art)

Baca juga: Gibran Larang Istri dan Anak Tengok Kahiyang dan Bayinya