Survei SMRC: Warga Percaya Presiden Jokowi Bisa Enyahkan Krisis

Presiden Jokowi
Sumber :
  • YouTube Sekretariat Presiden

VIVA – Hasil survei Saiful Mujani Research and Consulting (SMRC) menyatakan mayoritas warga percaya Presiden Joko Widodo mampu membawa Indonesia keluar dari krisis ekonomi akibat pandemi COVID-19.

SMRC membeberkan, sekitar 79 persen warga percaya Presiden Jokowi mampu membawa Indonesia keluar dari krisis ekonomi akibat pandemi COVID-19. Sebaliknya, hanya sekitar 20 persen yang menyatakan tidak percaya.

Manajer Program SMRC, Saidiman Ahmad, menilai temuan survei ini menunjukkan kenaikan stabil dukungan terhadap Presiden Jokowi dalam tiga bulan terakhir. 

Baca juga: Survei: Mayoritas Warga Tak Percaya Investasi Asing Perbaiki Ekonomi

Pada survei 20-22 Mei, tingkat kepercayaan pada kemampuan Presiden Jokowi menangani krisis ekonomi sempat turun menjadi 69 persen. Namun, setelah itu secara perlahan tingkat kepercayaan tersebut terus naik.

"Ini adalah modal penting bagi Presiden Jokowi. Terutama karena warga menilai ekonomi Indonesia terus memburuk," kata Saidiman, Minggu 9 Agustus 2020.

Survei SMRC juga menunjukkan 87 persen warga menganggap kondisi ekonomi nasional sekarang lebih buruk dibandingkan tahun lalu. Padahal, di akhir Juni, persentase warga yang menganggap kondisi ekonomi lebih buruk adalah 72 persen.

Kemudian di sisi lain, survei ini menunjukkan persentase warga yang menganggap kondisi ekonomi rumah tangga lebih buruk mencapai 69 persen. Hal ini menunjukkan hampir-hampir tidak apa perubahan dibandingkan akhir Juni, ketika angkanya mencapai 70 persen.

Survei SMRC ini dilakukan pada 29 Juli-1 Agustus 2020 dengan wawancara per telepon kepada 1.203 responden yang terpilih secara random. Dengan margin of error yakni 2,9 persen.