Gunung Sinabung Erupsi Lagi, Kini Tinggi Kolom Mencapai 5.000 Meter

Gunung Sinabung erupsi 31 Mei 2019
Sumber :
  • Kementerian ESDM Badan Geologi PVMBG

VIVA – Gunung Sinabung yang berada di Kabupaten Karo, Sumatera Utara kembali alami erupsi pada Senin 10 Agustus 2020 pukul 10.16 WIB. Tinggi kolom abu yang teramati mencapai 5.000 meter di atas puncak atau 7.460 meter di atas permukaan laut.

Baca Juga: Gunung Sinabung Erupsi, Lontarkan Abu Vulkanik Setinggi 2.000 Meter

Berdasarkan data Pos Pengamatan Gunung Api Sinabung, Kementerian ESDM, kolom abu yang teramati berwarna kelabu dengan intensitas tebal condong ke arah timur dan tenggara.

Atas kondisi tersebut, saat ini Gunung Sinabung berada pada level III atau siaga. Sehingga Masyarakat dan pengunjung diminta untuk tidak melakukan aktivitas pada desa-desa yang sudah direlokasi.

Lalu, lokasi di dalam radius 3 kilometer dari puncak Gunung Sinabung, serta radius sektoral 5 kilometer untuk sektor selatan-timur dan 4 kilometer untuk sektor timur-utara diminta untuk mengurangi aktivitas.

Sementara itu, Kementerian ESDM mengimbau masyarakat untuk memakai masker bila keluar rumah untuk mengurangi dampak kesehatan dari abu vulkanik. Mengamankan sarana air bersih serta membersihkan atap rumah dari abu vulkanik yang lebat agar tidak roboh.

Kemudian, masyarakat yang berada dan bermukim di dekat sungai-sungai yang berhulu di Gunung Sinabung agar tetap waspada terhadap bahaya lahar.