Fenomena Awan Tsunami Hebohkan Warga Aceh

Fenomena awan hitam berbentuk menyerupai gelombang tsunami sempat membuat khawatir warga di Kabupaten Aceh Barat dan Nagan Raya, Aceh.
Sumber :
  • IST

VIVA – Fenomena awan hitam yang berbentuk menyerupai gelombang tsunami sempat membuat warga di Kabupaten Aceh Barat dan Nagan Raya, Aceh, khawatir. Kemunculan awan itu diketahui sejak Senin pagi, 10 Agustus 2020.

Awan raksasa itu juga sempat diabadikan oleh sejumlah warga dan mengunggahnya di media sosial. Namun, menurut Kepala Seksi Data dan Informasi Badan Meteorologi, Klimatologi, dan Geofisika (BMKG) Stasiun I Sultan Iskandar Muda (SIM) Blang Bintang, Aceh, Zakaria, awan yang berbentuk seperti ombak yang menggulung itu adalah awan Arcus.

Awan itu, katanya, memang berbentuk gulungan ombak dan bagian dari awan cumulonimbus. “Awan yang berbentuk seperti ombak yang menggulung namanya awan Arcus atau disebut juga awan tsunami. Awan ini merupakan bagian dari awan cumulonimbus,” kata Zakaria saat dikonfirmasi.

Baca: Gila, Ternyata Rusia Punya 'Monster Nuklir' yang Bisa Membuat Tsunami

Awan raksasa itu merupakan awan rendah dan biasanya berada pada satu level. Awan itu juga dapat menimbulkan angin kencang, hujan lebat disertai kilat, petir, angin puting beliung atau hujan es.

“Awan ini biasanya terjadi di daerah yang tidak begitu luas sehingga tidak dapat dipantau oleh satelit,” ujar Zakaria.

BMKG mengimbau kepada masyarakat agar tak panik dengan munculnya fenomena itu. Namun, ia meminta masyarakat untuk tetap waspada dan berhati-hati. Kemudian, nelayan untuk tidak melaut sementara waktu, hingga awan tersebut hilang.

“Bila terlihat awan itu agar cepat-cepat mencari perlindungan, jangan bertahan di lapangan terbuka dan bagi nelayan agar segera berlabuh ke darat,” tuturnya. (art)