PKB Usung Gus Ipul untuk Pilkada Pasuruan Kota?

Saifullah Yusuf menunjukkan jari usai melakukan pencoblosan untuk Pilgub Jatim
Sumber :
  • ANTARA FOTO/Zabur Karuru

VIVA – Mantan Wakil Gubernur Jawa Timur, Saifullah Yusuf, alias Gus Ipul dikabarkan akan diajukan Partai Kebangkitan Bangsa (PKB) untuk maju sebagai bakal calon wali kota Pasuruan. Gus Ipul sendiri tak membantah juga tidak mengiyakan soal itu ketika dikonfirmasi wartawan. 

Isu Gus Ipul maju di Pilkada Pasuruan Kota mencuat sejak beberapa pekan lalu. Isu itu kian santer ketika PKB dikabarkan sudah mengeluarkan keputusan. "(Nama) Gus Ipul muncul dari arus bawah," kata Ketua Lembaga Pemenangan Pemilu PKB Jatim, Fauzan Fuadi, kepada wartawan pada Selasa, 11 Agustus 2020. 

Baca juga: Pemerintah Akan Salurkan Bansos Beras dan Uang Tunai, Ini Rinciannya

Gus Ipul sendiri tak menolak maupun mengiyakan ketika ditanya soal isu pencalonan dirinya. Menurutnya, masih ada proses yang perlu dilalui untuk memutuskan maju atau tidak.

"Saya juga belum berkomunikasi langsung dengan partai yang mendorong saya untuk maju, jawabannya bisa iya bisa tidak," katanya.

Salah satu Ketua Pengurus Besar Nahdlatul Ulama itu merasa terhormat namanya masuk di bursa calon wali kota Pasuruan. Menurutnya, itu adalah satu isyarat kepercayaan masyarakat terhadap dirinya. "Dorongan (maju di Pilkada Pasuruan) itu mengandung kepercayaan (pada saya)," ujar Gus Ipul. 

Ia tak mempersoalkan adanya komentar miring karena namanya diajukan untuk pilkada yang hanya secara administratif membawahkan empat kecamatan saja, padahal sebelumnya ia menjadi orang nomor dua Provinsi Jatim selama dua periode.

"Bagi saya kepercayaan bukan melihat luasnya wilayah," kata Gus Ipul. 

Sementara ini, baru tiga partai politik yang sudah menentukan sikap di Pilkada Pasuruan Kota, yaitu PDIP-Nasdem-Hanura, yang mengusung bakal calon petahana, Teno Prasetyo. Partai lainnya, di antaranya PKB, Golkar, Gerindra, PAN, dan lainnya sampai kini belum menentukan sikap secara resmi.