Jokowi Sebut Vaksin COVID-19 Buatan Indonesia Bernama Merah Putih

Presiden Jokowi Menyaksikan Uji Coba Vaksin COVID-19
Sumber :
  • Biro Pers, Media dan Informasi Sekretariat Presiden

VIVA - Presiden Joko Widodo untuk pertama kali menyebutkan vaksin Corona yang dibuat di Tanah Air. Saat meninjau langsung uji klinis suntik vaksin perdana kepada 1.620 relawan, Jokowi mengatakan bahwa hasil uji laboratorium terhadap antibodi itu bernama vaksin Merah Putih.

"Jadi kita mengembangkan full sendiri oleh Lembaga Eijkman dan juga BPPT, LIPI, BPOM, menristek, dan universitas-universitas yang kita miliki, yaitu vaksin Merah Putih," kata Jokowi saat berada di Rumah Sakit Pendidikan Universitas Padjadjaran, Bandung, Jawa Barat, Selasa 11 Agustus 2020.

Baca juga: Jokowi Sebut PSBB Lokal Efektif Tekan Penularan Corona

Saat ini, Bio Farma, sebagai perusahaan Badan Usaha Milik Negara, tengah memasuki uji klinis tahap tiga untuk memproduksi vaksin yang juga menggandeng perusahaan farmasi asal China, Sinovac Biotech.

Jokowi menargetkan vaksin Merah Putih juga mampu diproduksi, setidak-tidaknya pertengahan tahun depan sudah siap edar. "Diperkirakan ini akan bisa diselesaikan nanti di pertengahan tahun 2021," kata Presiden.

Dalam kesempatan itu, Jokowi juga menyebut Indonesia membuka diri dengan negara lain untuk melakukan penelitian di bidang vaksin. Tidak menutup kemungkinan, bakal ada negara-negara lain yang tengah dijajaki kerja sama agar vaksin segara diproduksi demi masyarakat kebal terhadap virus.

"Kemudian bekerja sama dengan Uni Emirat Arab di G42, bekerja sama dengan Korea Selatan dalam rangka secepat-cepatnya kita bisa melakukan vaksinasi kepada seluruh rakyat, di seluruh Indonesia," ujar Jokowi. (art)