Seleksi CPNS 2021 Segera Dibuka namun Tak Semua Kementerian

Men-PAN RB, Tjahjo Kumolo.
Sumber :
  • Istimewa

VIVA – Menteri Pendayagunaan Aparatur Negara dan Reformasi Birokrasi (Menpan RB) Tjahjo Kumolo mengungkapkan bahwa seleksi CPNS rencananya akan dibuka kembali oleh pemerintah tahun 2011. Diketahui sebelumnya pemerintah menutup CPNS untuk tahun 2020.

“Nanti pada 2021 itu pun (sifatnya) terbatas,” kata Tjahjo di tayangan kanal YouTube Kemenpan RB, Rabu 12 Agustus 2020.

Tjahjo menambahkan untuk tahun ini pemerintah akan fokus pada penuntasan selaksi CPNS yang dilakukan pada tahun 2019. 

Ia menjelaskan pembukaan CPNS 2021 dengan formasi terbatas karena disesuaikan dengan kebutuhan pemerintahan serta kementerian. Dan menurutnya banyak kementerian yang sudah tidak akan menambah pegawai. 

“Sesuai kebutuhan. Sudah mulai banyak kementerian yang tidak menambah pegawai lagi,” ungkap mantan Menteri Dalam Negeri itu.
 
Sebelumnya Tjahjo Kumolo mengungkapkan bahwa pada tahun 2020 tidak akan ada  seleksi penerimaan calon pegawai negeri sipil (CPNS).

“Tahun 2020 tidak ada penerimaan ujian CPNS. Kemungkinan baru dibuka CPNS tahun 2021,” kata Tjahjo melalui pesan singkat, Selasa 7 Juli 2020.

Sekalipun akan membuka kemungkinan pendaftaran CPNS pada 2021 namun Tjahjo belum bisa menentukan berapa banyak lowongan CPNS yang akan dibuka tahun depan itu. (ren)

Baca juga: Emak-emak Muda Bikin Laporan Palsu namun Akhirnya Dimaafkan Polisi