AHY Mau Turun Gunung Perjuangkan Calon di Pilkada Wilayah Banten

AHY Bertemu Presiden PKS Sohibul Iman, Agus Harimurti Yudhoyono
Sumber :
  • VIVA/Muhamad Solihin

VIVA – Usai Prabowo disebut direncanakan turun “gunung” di pilkada  Banten, kini Ketua Umum (Ketum) Demokrat Agus Harimurti Yudhoyono alias AHY pun berencana ikut andil dalam kampanye pilkada di empat kabupaten dan kota di Banten, yakni Kota Tangerang Selatan, Kabupaten Serang, Kabupaten Pandeglang, dan Kota Cilegon. 

Setidaknya ada dua kader Demokrat yang ikut serta di pertarungan pilkada yakni, Siti Nur Azizah di Kota Tangerang Selatan dan Eki Baihaki di Kabupaten Serang.

"Insya Allah, karena sekarang itu kan kondisinya di tengah pandemi membatasi kegiatan, khawatir menimbulkan klaster baru di kerumunan massa  ya. Kita lihat situasinya. Kalau memungkinkan ya Ketum kami akan turun," kata Ketua DPD Demokrat Banten, Iti Octavia Jayabaya saat ditanyakan soal keikutsertaan AHY, di Banten, Kamis, 13 Agustus 2020.

Baca juga: Demokrat-PPP Koalisi di 23 Pilkada, Usung Pasha Ungu di Sulteng

Siti Nur Azizah sebagai Wasekjen Demokrat sekaligus putri dari Wapres Ma'ruf Amin yang mencalonkan diri sebagai Wali Kita Kota Tangsel. Kemudian ada nama Eki Baihaki yang maju sebagai calon Wakil Bupati Serang. Eki merupakan putra dari Ahmad Taufik Nuriman, pensiunan Kopassus sekaligus mantan Bupati Serang dua periode.

Menurut Iti, pertarungan Pilkada Tangsel dan Serang cukup menantang lantaran akan melawan incumbent. Di Kota Tangsel, ada Benyamin Davnie, wakil wali kota yang saat ini akan maju kembali berpasangan dengan Pilar Saga, putra dari Ratu Tatu Chasanah, bupati Serang saat ini.

Kemudian di Kabupaten Serang, Ratu Tatu Chasanah yang kembali berpasangan dengan wakilnya, Panji Tirtayasa dan maju kembali di pilkada 9 Desember 2020 mendatang.

Begitupun di Kota Cilegon, calon yang di usung Demokrat Iye Iman Rohiman dan Awab akan berhadapan dengan Wakil Wali Kota petahana Ati Marliyati yang mencalonkan diri kembali sebagai Wali Kota. Ati merupakan putri dari almarhum Tb Aat Syafa'at dan kakak dari Tb Iman Ariyadi. Keduanya pernah menjabat sebagai wali kota Cilegon dan berurusan dengan KPK.

"Karena lawan kita cukup berat, di Tangsel dan Kabupaten Serang, di Cilegon juga, bagaimanapun berlawanan dengan incumbent," kata dia.

Iti mengaku partainya bersama parpol koalisi memiliki strategi tersendiri untuk melawan incumbent. Namun, Bupati Lebak ini enggan menjelaskan cara yang dia maksudkan.

"Kalau saya berbicara di sini nanti kebuka. Kita lihat aja taktik dan strateginya. Salah satunya kita gerakkan mesin partai, salah satunya dengan pembuatan KTA, sama-sama mengajak masyarakat, sosialisasi. Kita berbagi peran dengan partai koalisi, kita aktifkan survei tiap bulan," katanya.

Baca juga: Viral Ikan Mas 15 Kg Ditangkap di Danau Toba, Dikait-kaitkan Musibah