Bayi Pasien Positif Corona di Aceh Dilahirkan Sehat

Bayi pasien COVID-19 di Aceh lahir dengan sehat.
Sumber :
  • Dani Randi/Aceh.

VIVA – Seorang pasien yang terkonfirmasi positif Virus Corona (COVID-19) berinisial Za (24 tahun) melahirkan bayi yang sehat. Persalinan ibu asal Kabupaten Nagan Raya Aceh itu berlangsung di Rumah Sakit Umum Zainoel Abidin (RSUZA) Banda Aceh hari ini.

Koordinator Pelayanan Tim Penyakit Infeksi Emerging (PIE) RSUZA, Novina Rahmawati, mengkonfirmasi kondisi bayi yang baru lahir itu dalam keadaan sehat. Bayi itu berjenis kelamin laki-laki dan memiliki berat badan 3,3 kilogram.

"Alhamdulillah telah lahir bayi dari Ibu COVID-19 positif yang pertama, keduanya sehat,” kata Novina, di Aceh, Kamis, 13 Agustus 2020.

Baca juga: Positif Virus Corona, Dokter Senior di Medan Meninggal Dunia

Meski ibunya positif COVID-19, kata dia, bayi tersebut dipastikan dalam kondisi sehat dan tidak tertular virus dari ibunya.

“Tidak ada jurnal yang menyatakan penularan secara vertical. Kemungkinan bayi tidak tertular,” ujarnya.

Ia menjelaskan, selama proses persalinan, pasien diawasi dengan ketat oleh bidan, perawat dan dokter spesialis obgyn (kandungan). Secara umum, saat ini pasien dalam kondisi baik.

Setelah menjalani persalinan, pasien dipindahkan dari kamar operasi COVID-19 existing ke ruang rawat isolasi Pinere 1 rumah sakit tersebut.

Diketahui, Za sebelumnya dirujuk dari RS Nagan Raya, karena hasil PCR mandiri di laboratorium penyakit infeksi Fakultas Kedokteran Universitas Syiah Kuala, pada Selasa, 11 Agustus 2020 dan hasilnya positif corona.

Sejauh ini, jumlah kasus positif virus corona di Aceh sudah mencapai 747 orang. Dengan rincian, 225 sembuh, 498 di rawat di rumah sakit rujukan dan 24 meninggal dunia. (ren)