Buka Sidang Tahunan MPR 2020, Bamsoet Bacakan Pantun

Ketua MPR RI Bambang Soesatyo.
Sumber :
  • Youtube DPR

VIVA – Sidang Tahunan MPR 2020, akan digelar pada hari ini Jumat 14 Agustus 2020. Sidang tahunan MPR 2020 kali ini digelar berbeda karena menerapkan protokol kesehatan untuk mencegah Penularan virus Corona atau COVID-19.

Sidang tahunan ini dibuka oleh Ketua MPR RI Bambang Soesatyo. Dalam pidatonya, pria yang akrab disapa Bamsoet tersebut menyampaikan rasa syukur yang mendalam karena di tengah keprihatinan menghadapi bencana nasional Pandemi COVID-19, Sidang tahunan ini tetap dapat digelar meskipun dengan segala keterbatasan.

"Namun kami yakin bahwa keterbatasan dalam penyelenggaraan Sidang Tahunan MPR dan Sidang Bersama DPR dan DPD, tidaklah akan mengurangi semangat kenegarawanan kita semua untuk terus bergotong royong, membangun kebersamaan, dan persatuan di atas pondasi nilai-nilai luhur bangsa," kata Bamsoet, Jumat 14 Agustus 2020.

Bamsoet juga menyampaikan dua bait pantun dalam membuka sidang. Tujuannya agar memperkuat rasa kebersamaan dalam sidang tersebut.

"Mentari pagi menebar senyuman, Nyanyian burung merdu merayu. Mari teguhkan ikatan kebangsaan. Untuk mewujudkan Indonesia Maju," 

"Di bawah naungan cahaya rembulan, Bahtera tersandar di pelabuhan. Di tengah suasana keprihatinan, Mari bangun semangat kebersamaan," ujar Bamsoet

Sesuai catatan daftar hadir yang disampaikan Sekretariat Jenderal, sampai saat ini telah hadir sekitar 161 Anggota dari 307 (tiga ratus tujuh) Anggota MPR/DPR/DPD RI yang diundang hadir secara fisik, dan telah menandatangani daftar hadir. serta Anggota MPR/DPR/DPD RI lainnya hadir secara virtual.

Berdasarkan ketentuan Pasal 66 ayat (5) Peraturan Tata Tertib MPR, Pasal 281 ayat (1) dan Pasal 254 ayat (5) Peraturan Tata Tertib DPR RI, serta Pasal 264 ayat (5) Peraturan Tata Tertib DPD RI,  Sidang ini telah memenuhi syarat untuk dibuka.